Hubungan Self Awareness dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara di Universitas Negeri Padang
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang seringkali menunda-nunda dalam memulai dan mengerjakan suatu tugas atau dalam kata lain disebut dengan prokrastinasi. Hal tersebut terjadi karena self awareness pada mahasiswa yang masih rendah, salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik yaitu self awareness yang artinya rendahnya kesadaran seseorang terhadap pemahaman mengenai dirinya sendiri. Penelitiana ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self awareness dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 244 mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara di UNP yang dipilih dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data diperoleh dengan memberikan instrumen penelitian berupa angket Self awareness dan angket Prokrastinasi akademik yang sudah diuji validitas. Lalu diolah dengan menggunakan metode statistik untuk mencari hubungan antara kedua variabel menggunakan teknik pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Self-Awareness berada pada kategori rendah dengan persentase 44%%, (2) Prokrastinasi akdemik berada pada kategori tinggi dengan persentase 41%, (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self awareness dengan Prokrastinasi akademik dengan rxy=-0,557 dan taraf signifikansi sebesar 0,000.
References
Aprilia, S. N., & Nono, H. Y. (2022). Pengaruh regulasi emosi dan presepsi dukungan social terhadap stres Akademik Mahasiswa yang menyusun skripsi. Buletin riset Psikologi dan Kesehatan Mental. Vol. 2. No. 1, 19-30
Dewa Ketut Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Duval, T. S., & Silvia, P. J. (2002). Self-awareness, probability of improvement, and the self-serving bias. Journal of Personality and Social Psychology,82(1), 49–61.
Ferrari,dkk. 2003. Procrastinastion and Task Avoidance (Theory, Reserch, and Treatment). New York : Plenum Press.
Gintia, Wati. (2020). Hubungan kesadaran diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMAN 02 Palembang. Skripsi, Universitas Sriwijaya.
Ghufron, M. N & Risnawita S, R. 2017. Teori-teori Psikologi. Ar-Ruz Media : Yogyakarta
Goleman, Dkk. 2002. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Huda, M.J. (2015). Perbandingan prokrastinasi akademik menurut pilahan jenis kelamin di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Palastren, 8(2), 423-438.
Indah Sari Liza Lubis. 2018. Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita. Vol.4 (2): 90-98.
Junierissa Marpaung & Eka Wilany. 2017. Hubungan Antara Self Efficacy dan Motivasi Intrinsik dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa FKIP Universitas Riau Kepulauan Batam. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Vol.6, No.1: 10-21.
Klingsieck,K.B. (2013). Prosrastination : When good things don’t come to those who wait. European Psychologist, 18(1), 24-34.
Larasati, A. R., & Sugiasih, I. (2021). Hubungan antara kesadaran diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2016 Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.
Layyinatus Syifa, Sunawan, & Eko Nusantoro. 2018. Prokrastinasi Akademik pada Lembaga Kemahasiswaan dari Segi Konsep Diri dan Regulasi Emosi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 7(1).
Maharani, Laila & Mustika, Meri. 2016. Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (1), 19-21.
Mayrika, N., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Konselor, 4(1), 1-12.
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: BK FIP UNP.
Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Ramadhani, A. (2016). Hubungan Konformitas dengan prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tidak Bekerja. Psikoborneo, 4(3), 383–390.
Reska, Nela., & Taufik, T. (2019). Relathionship of Self Confidence and Academic Procrastination Students S1 Guidance and Counseling FIP UNP. Jurnal Neo Konseling, 1(3).
Roni, A., Netrawati, N., & Yusri, Y. (2019). Relationship between self control and academic procrastination in completing thesis. Jurnal Neo Konseling, 1(2).
Susanti, E., & Nurwidawati, D. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dan Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Unesa. Character, 2(3), 1–7.
Syamsu Yusuf & A. Juntika Nurihsan. 2011. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wirajaya, M. ., Padmadewi, N. ., & Ramendra, D. . (2020). Investigating The Academic Procrastination Of Efl Students. JPBII, 8(2), 67–77.
Yusuf, A.,Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian. Gabungan. Jakarta : prenadamedia group.
Zakiyyah, Aisyah Nur Cita. 2020. Hubungan Self Awareness dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Akhir. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surabay : FPK- UIN Sunan Ampel Surabaya
DOI: 10.24036/0001079chr2024
Article Metrics
Abstract View : 58 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Khofifah Ramadhani, Zadrian Ardi Frischa Meivilona Yendi Rima Pratiwi Fadli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.