Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri pada Siswi Perempuan di SMAN 1 Ampek Angkek

Khafifah Hanum(1), Zadrian Ardi Azmatul Khairiah Sari Rima Pratiwi Fadli(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kondisi body image dan kepercayaan diri pada siswi perempuan serta mengidentifikasi hubungan antara body image dengan kepercayaan diri pada siswi perempuan di SMAN 1 Ampek Angkek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 208 siswi perempuan yang dipilih menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling, dari total populasi sebanyak 428 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan angket mengenai kepercayaan diri dan body image pada siswi perempuan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis persentase, dan hubungan antara variabel diuji dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa: (1) Tingkat kepercayaan diri pada siswi berada pada kategori sedang, dengan persentase mencapai 70%. (2) Tingkat body image pada siswi perempuan berada pada kategori sedang, dengan persentase mencapai 64%. (3) Analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara body image (variabel X) dan tingkat kepercayaan diri (variabel Y) pada siswi perempuan, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,440 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000, mengindikasikan hubungan yang cukup kuat antara kedua variabel tersebut. Hubungan positif yang signifikan ini menandakan bahwa semakin tinggi tingkat body image, semakin tinggi tingkat kepercayaan diri pada siswi perempuan, sebaliknya, semakin rendah body image, semakin rendah tingkat kepercayaan diri pada siswi perempuan.


References

Afifi, J. (2014). Satu Menit Mengatasi Rasa Percaya Diri Anda. Yogyakarta: Flash Books.

Anthoneta, J. (2016). Kepercayaan Diri Remaja. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(1), 54-76.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal konseling GUSJIGANG, 2(2).

Arthur, S. R. & Emily S. R. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asri, D. N. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1).

Dianningrum, S. W., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara Citra Tubuh dan Kepercayaan Diri pada Remaja Perempuan. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 194-203.

Fitriani, E., & Azhar, A. (2019). Layanan Informasi Berbasis Focus Group Discussion (FGD) dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(2), 82-87.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Cetakan I. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakim, T. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. Tulungagung: Ud Duta Sablon.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body Image Dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3), 107-113.

Melliana, A. (2006). Menjelajah Tubuh Perempuan & Mitos Kecantikan. LkiS. Yogyakarta.

Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Hadinoto, S. R. (2014). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 100-111.

Putri. T. A. (2015). Hubungan Antara Body Image Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswi Yang Mengalamai Obesitas. Skripsi (naskah publikasi). Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Ratnawati, V. (2012). Percaya Diri, Body Image dan Kecenderungan Anorexia Nervosa Pada Remaja Putri. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).

Rijal, F. (2016). Perkembangan Jiwa Agama pada Masa Remaja (Al-Murahiqah). Pionir: Jurnal Pendidikan, 5(2).

Roshita, I. (2015). Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(2).

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Thalib, A. S. (2020). Pengembangan Media Bimbingan Konseling Permainan Monopoli Truth and Dare Untuk Meningkatkan Self Confidence pada Peserta Didik di SMP Negeri 8 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Wardiah. (2018). Optimalisasi Layanan Bimbingan Kelompok dan KonselingIndividu dengan Menggunakan Media Power Point sebagai Upaya Peningkatan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas Ix-I di Smp Negeri 1 Mataram. Ganec Swara, 12(1), 118–127.

Wiranatha, F. D., & Supriyadi. (2015). Hubungan Antara Citra Tubuh dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Pelajar Puteri di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. 2(1). 38-47.




DOI: 10.24036/0001083chr2024
10.24036/0001083chr2024

Article Metrics

Abstract View : 43 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khafifah Hanum, Zadrian Ardi Azmatul Khairiah Sari Rima Pratiwi Fadli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.