Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Indah Khofifah Putri(1*), Herman Nirwana(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Salah satu faktor yang berpengaruh dalam perilaku prososial pada individu yaitu teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perilaku prososial mahasiswa BK, (2) dukungan sosial teman sebaya mahasiswa BK, serta (3) menguji hubungan antara dukungan teman sebaya dengan perilaku prososial mahasiswa BK. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 605 mahasiswa BK FIP UNP Angkatan 2020, 2021, 2022 dan 2023. Sampel berjumlah 282 mahasiswa yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah “Daftar Isian Dukungan Sosial Teman Sebaya” dan “Daftar Isian Perilaku Prososial”. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif korelasional Pearson Product Moment. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) dukungan sosial teman sebaya pada umumnya berada pada kategori tinggi; (2) perilaku prososial mahasiswa BK pada umumnya berada pada kategori tinggi; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara perilaku prososial mahasiswa BK dengan dukungan sosial teman sebaya dengan nilai koefisien korelasi 0,308 dan signifikansi 0,000. Tingkat korelasi penelitian ini lemah, kontribusi dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial mahasiswa sebesar 9,48% sedangkan 90,52% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.

References

Anjani, K. Y., & Izzati, U. A. (2018). Hubungan antara empati dengan perilaku prososial pada siswa SMK Swasta X di Surabaya. Character: Jurnal Psikologi, 5(2), 1-6

Akerina, J., & Wibowo, D. H. (2022). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik pada Mahasiswa. Journal of Psychology Humanlight, 3(1), 1-14.

Alizamar, A., Afdal, A., & Ifdil, I. (2017). Guidance and counseling cervices for Kindergarten students. In International Conference of Early Childhood Education (ICECE), 169(17), 168-172.

Ardi, Z., Daharnis, Yuca, V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in determining criteria and categories in summarizing and exploring the research data; Analysis of assessment procedures in the social science research. Psychology and Education Journal, 58(1), 4109-4115.

Arifin, B. S. (2015). Psikologi sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Balengka, K. B., Khairun, D. Y., & Rahmawati, R. (2021). Perilaku prososial siswa dan implikasi program dalam bimbingan pribadi sosial. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 12(1), 84-99.

Baron, R.A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial, Terjemahan Ratna Djuwita. Jakarta: Erlangga.

Basar, A. A. D., & Zukhra, R. M, Nopriadi. (2021). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(2), 287-296.

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewi, S., & Arjanggi, R. (2020). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa di Universitas X. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 14(1), 84-93.

Dhari, W., Kusdaryani, W., & Lestari, F. W. (2022). Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa Kelas X. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 44-55.

Frisnawati, A. (2012). Hubungan antara intensitas menonton reality show dengan kecenderungan perilaku prososial pada remaja. Jurnal Empahty, 1(1), 48-56.

Hariko, R. (2021). Bimbingan kelompok agentik: Model peningkatan perilaku prososial siswa. Malang: Literasi Nusantara.

Hariko, R., Hanurawan, F., Lasan, B. B., & Ramli, M. (2021). Dimensionality of prosocial tendencies on Minangkabau early adolescents. International Journal of Learning and Change, 13(1), 34-48.

Husna, W., Fahmi, R., & Kurniawan, R. (2019). Hubungan kebersyukuran dengan perilaku prososial pada mahasiswa. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 10(2), 179-188.

Ifdil, I., Fadli, R. P., Zola, N., Putri, Y. E., & Amalianita, B. (2021). Layanan advokasi dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 706-711.

Ismawati, I., Alizamar, A., & Nurfarhanah, N. (2013). Kerjasama guru bimbingan dan konseling dan guru mata pelajaran/praktik membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran produktif akuntansi. Konselor, 2(1), 88-97.

Istiqomah, S. P. (2024). Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku prososial Siswa di SMA N Muaro Jambi. Skripsi. Jambi: FKIP.

Izzati, R. N (2016). Hubungan perilaku prososial dengan kebermaknaan hidup mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2015/2016. Skripsi. Malang: UIN Malang.

Mooduto, A., Rahim, M., & Kasan, I. (2023). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 19-28.

Mulia, L. O. (2014). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap tingkat resiliensi remaja di Panti Asuhan. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan, 1(2), 1-9.

Niva, H. (2016). Penerapan pendekatan cinematherapy untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa Bosowa International School Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 2(1), 41-48.

Novita, K. R., Sugiharto, D. Y. P., & Anni, C. T. (2017). Meningkatkan kemampuan prososial siswa melalui layanan informasi dengan teknik bibliotherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4).42-49.

Nuralifah, I. P., & Rohmatun, R. (2018). Perilaku prososial pada siswa SMP Islam Plus Assalamah Ungaran Semarang ditinjau dari empati dan dukungan sosial teman sebaya. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 10(1), 7-9.

Oki, S. S., Syukur, Y., & Sukma, D. (2013). Peningkatan motivasi belajar anak asuh melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Panti Asuhan Al-Falah Padang. Konselor, 2(4), 186-191.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development (Psikologi perkembangan), Terjemahan Brian Marswendy. Jakarta: Kencana.

Pitaloka, D. A., & Ediati, A. (2015). Rasa syukur dan kecenderungan perilaku prososial pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 4(2), 43-50.

Prayitno & Amti., E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnamasari, I., Suharso, S., & Sunawan, S. (2018). Kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa di SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Applica-tion, 7(2), 20-26.

Putri, I. M. A., Suroso, S., & Arifiana, I. Y. (2023). Perilaku prososial santri: Bagaimana peran kecerdasan spiritual dan dukungan sosial teman sebaya?. JIWA: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2). 439-447.

Rahman, A. A. (2013). Psikologi sosial: Integrasi pengetahuan wahyu dan pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahman, F. A., Nirwana, H., & Putriani, L. (2023). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa SMA. Counseling and Humanities Review, 3(1), 1-7.

Rahmawati, R., Neviyarni, N., & Firman, F. (2016). Hubungan motivasi kerja dan dukungan sosial kepala sekolah dengan pelaksanaan tugas guru Bimbingan dan Konseling di SMPN Kab. Kerinci. Konselor, 3(3), 94-100.

Rismi, R., Suhaili, N., Marjohan, M., Afdal, A., & Ifdil, I. (2022). Bimbingan kelompok dalam pemahaman nilai empati untuk meningkatkan sikap prososial siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 14-19.

Santrock. J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan remaja. Terjemahan Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E.P., & Smith, T.W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions seventh edition. New York: John Wiley & Sons.

Sari, I. P., Ifdil, I., Sano, A., & Yendi, F. M. (2020). Self-control of adolescent in using smartphone. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2), 101-109.

Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-28.

Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L.A., (1991). Psikologi sosial. Terjemahan Michael Adryanto. Jakarta: Erlangga.

Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Solomon, P. (2004). Peer support/peer provided services underlying processes, benefits, and critical ingredients. Psychiatric Rehabilitation Journal, 27(4), 392-401.

Susanti, D., & Ifdil, I. (2023). Hubungan empati dengan altruisme mahasiswa. Consilium, 1(2), 60-64.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: Prenada media Group.

Syukur, Y., Neviyarni., & Zahri., T. N. (2019). Bimbingan dan konseling di sekolah. Purwokerto: IRDH.

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. 3(2), 155-164.

Taufik, T. (2013). Pengembangan kemampuan interpersonal siswa melalui layanan Bimbingan Kelompok. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 91–99.

Utami, S., Sari, R. P., & Renata, D. (2021). Peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan perilaku prososial siswa pada pembelajaran daring. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 18(02), 19-32.

Wijayanti, D. A., & Katoningsih, S. (2022). Problem based learning dalam meningkatkan perilaku prososial anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5886-5896.

Yandri, H., Daharnis, D., & Nirwana, H. (2013). Pengembangan modul bimbingan dan konseling untuk pencegahan bullying di sekolah. Konselor, 2(1), 98-106.

Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan konseling untuk remaja putri usia pernikahan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 109–114.

Zai, A. S. (2021). Fenomena perilaku prososial pada aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). ARCHETYPE, 4(2), 21-31.

Zuvita, F., Arneliwati, A., & Nauli, F. A. (2022). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan body image pada remaja. Jurnal Ners Indonesia, 12(2), 177-185.




DOI: 10.24036/0001093chr2024
10.24036/0001093chr2024

Article Metrics

Abstract View : 63 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indah Khofifah Putri, Herman Nirwana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.