Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Bimbingan dan Konseling
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Anjani, K. Y., & Izzati, U. A. (2018). Hubungan antara empati dengan perilaku prososial pada siswa SMK Swasta X di Surabaya. Character: Jurnal Psikologi, 5(2), 1-6
Akerina, J., & Wibowo, D. H. (2022). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik pada Mahasiswa. Journal of Psychology Humanlight, 3(1), 1-14.
Alizamar, A., Afdal, A., & Ifdil, I. (2017). Guidance and counseling cervices for Kindergarten students. In International Conference of Early Childhood Education (ICECE), 169(17), 168-172.
Ardi, Z., Daharnis, Yuca, V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in determining criteria and categories in summarizing and exploring the research data; Analysis of assessment procedures in the social science research. Psychology and Education Journal, 58(1), 4109-4115.
Arifin, B. S. (2015). Psikologi sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Balengka, K. B., Khairun, D. Y., & Rahmawati, R. (2021). Perilaku prososial siswa dan implikasi program dalam bimbingan pribadi sosial. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 12(1), 84-99.
Baron, R.A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial, Terjemahan Ratna Djuwita. Jakarta: Erlangga.
Basar, A. A. D., & Zukhra, R. M, Nopriadi. (2021). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(2), 287-296.
Desmita. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dewi, S., & Arjanggi, R. (2020). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa di Universitas X. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 14(1), 84-93.
Dhari, W., Kusdaryani, W., & Lestari, F. W. (2022). Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa Kelas X. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 44-55.
Frisnawati, A. (2012). Hubungan antara intensitas menonton reality show dengan kecenderungan perilaku prososial pada remaja. Jurnal Empahty, 1(1), 48-56.
Hariko, R. (2021). Bimbingan kelompok agentik: Model peningkatan perilaku prososial siswa. Malang: Literasi Nusantara.
Hariko, R., Hanurawan, F., Lasan, B. B., & Ramli, M. (2021). Dimensionality of prosocial tendencies on Minangkabau early adolescents. International Journal of Learning and Change, 13(1), 34-48.
Husna, W., Fahmi, R., & Kurniawan, R. (2019). Hubungan kebersyukuran dengan perilaku prososial pada mahasiswa. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 10(2), 179-188.
Ifdil, I., Fadli, R. P., Zola, N., Putri, Y. E., & Amalianita, B. (2021). Layanan advokasi dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 706-711.
Ismawati, I., Alizamar, A., & Nurfarhanah, N. (2013). Kerjasama guru bimbingan dan konseling dan guru mata pelajaran/praktik membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran produktif akuntansi. Konselor, 2(1), 88-97.
Istiqomah, S. P. (2024). Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku prososial Siswa di SMA N Muaro Jambi. Skripsi. Jambi: FKIP.
Izzati, R. N (2016). Hubungan perilaku prososial dengan kebermaknaan hidup mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2015/2016. Skripsi. Malang: UIN Malang.
Mooduto, A., Rahim, M., & Kasan, I. (2023). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 19-28.
Mulia, L. O. (2014). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap tingkat resiliensi remaja di Panti Asuhan. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan, 1(2), 1-9.
Niva, H. (2016). Penerapan pendekatan cinematherapy untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa Bosowa International School Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 2(1), 41-48.
Novita, K. R., Sugiharto, D. Y. P., & Anni, C. T. (2017). Meningkatkan kemampuan prososial siswa melalui layanan informasi dengan teknik bibliotherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4).42-49.
Nuralifah, I. P., & Rohmatun, R. (2018). Perilaku prososial pada siswa SMP Islam Plus Assalamah Ungaran Semarang ditinjau dari empati dan dukungan sosial teman sebaya. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 10(1), 7-9.
Oki, S. S., Syukur, Y., & Sukma, D. (2013). Peningkatan motivasi belajar anak asuh melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Panti Asuhan Al-Falah Padang. Konselor, 2(4), 186-191.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development (Psikologi perkembangan), Terjemahan Brian Marswendy. Jakarta: Kencana.
Pitaloka, D. A., & Ediati, A. (2015). Rasa syukur dan kecenderungan perilaku prososial pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 4(2), 43-50.
Prayitno & Amti., E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Purnamasari, I., Suharso, S., & Sunawan, S. (2018). Kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa di SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Applica-tion, 7(2), 20-26.
Putri, I. M. A., Suroso, S., & Arifiana, I. Y. (2023). Perilaku prososial santri: Bagaimana peran kecerdasan spiritual dan dukungan sosial teman sebaya?. JIWA: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2). 439-447.
Rahman, A. A. (2013). Psikologi sosial: Integrasi pengetahuan wahyu dan pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers.
Rahman, F. A., Nirwana, H., & Putriani, L. (2023). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa SMA. Counseling and Humanities Review, 3(1), 1-7.
Rahmawati, R., Neviyarni, N., & Firman, F. (2016). Hubungan motivasi kerja dan dukungan sosial kepala sekolah dengan pelaksanaan tugas guru Bimbingan dan Konseling di SMPN Kab. Kerinci. Konselor, 3(3), 94-100.
Rismi, R., Suhaili, N., Marjohan, M., Afdal, A., & Ifdil, I. (2022). Bimbingan kelompok dalam pemahaman nilai empati untuk meningkatkan sikap prososial siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 14-19.
Santrock. J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan remaja. Terjemahan Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.
Sarafino, E.P., & Smith, T.W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions seventh edition. New York: John Wiley & Sons.
Sari, I. P., Ifdil, I., Sano, A., & Yendi, F. M. (2020). Self-control of adolescent in using smartphone. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2), 101-109.
Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-28.
Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L.A., (1991). Psikologi sosial. Terjemahan Michael Adryanto. Jakarta: Erlangga.
Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Solomon, P. (2004). Peer support/peer provided services underlying processes, benefits, and critical ingredients. Psychiatric Rehabilitation Journal, 27(4), 392-401.
Susanti, D., & Ifdil, I. (2023). Hubungan empati dengan altruisme mahasiswa. Consilium, 1(2), 60-64.
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: Prenada media Group.
Syukur, Y., Neviyarni., & Zahri., T. N. (2019). Bimbingan dan konseling di sekolah. Purwokerto: IRDH.
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. 3(2), 155-164.
Taufik, T. (2013). Pengembangan kemampuan interpersonal siswa melalui layanan Bimbingan Kelompok. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 91–99.
Utami, S., Sari, R. P., & Renata, D. (2021). Peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan perilaku prososial siswa pada pembelajaran daring. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 18(02), 19-32.
Wijayanti, D. A., & Katoningsih, S. (2022). Problem based learning dalam meningkatkan perilaku prososial anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5886-5896.
Yandri, H., Daharnis, D., & Nirwana, H. (2013). Pengembangan modul bimbingan dan konseling untuk pencegahan bullying di sekolah. Konselor, 2(1), 98-106.
Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan konseling untuk remaja putri usia pernikahan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 109–114.
Zai, A. S. (2021). Fenomena perilaku prososial pada aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). ARCHETYPE, 4(2), 21-31.
Zuvita, F., Arneliwati, A., & Nauli, F. A. (2022). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan body image pada remaja. Jurnal Ners Indonesia, 12(2), 177-185.
DOI: 10.24036/0001093chr2024
Article Metrics
Abstract View : 63 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indah Khofifah Putri, Herman Nirwana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.