Kontrol diri mahasiswa dalam menggunakan media sosial ditinjau dari jenis kelamin dan tahun masuk

Meysi Firanti(1*), Daharnis Daharnis(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) 
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan teknologi internet, sehingga mahasiswa perlu mengontrol diri dalam menggunakan media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan kontrol diri mahasiswa dalam menggunakan media sosial ditinjau dari jenis kelamin dan tahun masuk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah 5012 mahasiswa yang terdaftar di angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNP pada semester Januari-Juni 2024 dengan sampel penelitian sebanyak 396 mahasiswa yang dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen kontrol diri mahasiswa dengan skala model Likert. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan uji anava dua arah dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian mengungkapkan: 1) rata-rata skor kontrol diri mahasiswa FIP UNP ditinjau dari jenis kelamin dan tahun masuk berada pada kategori sedang, 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan dan interaksi antara jenis kelamin dan tahun masuk dalam menjelaskan kontrol diri mahasiswa. Implikasi hasil penelitian terhadap Bimbingan dan Konseling yaitu dengan memberikan layanan informasi, layanan penguasaan konten, dan layanan bimbingan kelompok.

References

Ardi, Z., Daharnis, D., Yuca, V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring the Research Data; Analysis of Assessment Procedures in The Social Science Research. Psychology and Education Journal, 58(1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia-APJII. (2023). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia - Survey 2023. https://survei.apjii.or.id

Baumeister, R. F., & Tierney, J. (2011). Willpower: Rediscovering the Greatest Human Strength. The Penguin Press.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1).

Fauzan, F., Firman, F., & Daharnis, D. (2018). Relationship Between Self-Control and Peer Conformity with Smoking Behavior. In International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology , 233–239.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(1).

Hurlock, Elizabeth. B. (2003). Psikologi Perkembangan (Jilid V). Terjemahan oleh Meitasarai Tjandrasa. Erlangga.

Khan, Gohar. F. (2017). Social Media For Government. Springer Nature Singapore. https://books.google.co.id/books?id=rT0jDgAAQBAJ&printsec=copyright&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Muna, R. F., & Astuti, T. P. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Akhir. Jurnal Empati, 3(4), 481–491.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nurhanifa, A., Widianti, E., & Yamin, A. (2020). Self-Control of Social Media Usage in Adolescents. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(4), 527–540.

Putri, Y. E., Daharnis, D., & Marjohan, M. (2018). Self-Control of Students in Using the Internet. Konselor, 7(3), 101–108.

Putriani, L., Daharnis, D., & Ahmad, R. (2019). Kesiapan Menikah Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin, Latar Belakang Budaya dan Sosial Ekonomi. Jurnal Penelitian Guru Indonesia-JPGI , 4(2), 76–85.

Rokhmansyah, A. (2016). PENGANTAR GENDER DAN FEMINISME Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Garudhawaca.

Ronen, T., Hamama, L., Rosenbaum, M., & Mishely-Yarlap, A. (2016). Subjective Well-Being in Adolescence: The Role of Self Control, Social Support, Age, Gender, and Familial Crisis. Journal of Happines Studies, 17, 81–104.

Safitri, R. I., & Dewi, D. K. (2020). Perbedaan Perceived Academic Stress Ditinjau dari Tahun Angkatan Pada Mahasiswa Fakultas X. 7(2), 32–42.

Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2).

Sinaga, I. (2017). Keterampilan Aplikasi Teknologi Informasi Berdasarkan Tahun, Gender dan Jurusan Sia (Studi Kasus di STMIK Perguruan Tinggi Teknokrat). In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya , 1(1), 28–43.

Soma, Y. M., Daharnis, D., Taufik, T., & Handayani, P. G. (2024). Kecemasan Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Counseling & Humanities Review , 4(1).

Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Rajawali Press.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High Self-Control Predicts Good Adjusment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Succes. Journal of Personality, 72(2).

Thalib, S. B. (2017). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Prenada Media Grup.

Yandri, H., Daharnis, D., & Nirwana, H. (2013). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying di Sekolah. Konselor, 2(1).




DOI: 10.24036/0001099chr2024
10.24036/0001099chr2024

Article Metrics

Abstract View : 72 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Meysi Firanti, Daharnis Daharnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.