Hubungan self-efficacy akademik dengan kegiatan belajar siswa

Layla Khairani(1*), Daharnis Daharnis(2), Herman Nirwana(3), Taufik Taufik(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar siswa yang berada pada kategori sedang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya self-efficacy akademik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan self-efficacy akademik siswa, 2) mendeskripsikan kegiatan belajar siswa, dan 3) menguji seberapa besar hubungan self-efficacy akademik dengan kegiatan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 267 siswa SMA N 1 Sitiung yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Data diperoleh dengan instrumen penelitian berupa angket self-efficacy akademik dan angket kegiatan belajar yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, dan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tingkat self-efficacy akademik berada pada kategori tinggi, (2) kegiatan belajar siswa berada pada kategori baik, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara self-efficacy akademik dengan kegiatan belajar siswa dengan rxy=0,711 dan taraf signifikansi sebesar 0,000.

References

Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan Orangtua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108-139.

Anggriani, Y. (2023). Perbedaan Self Efficacy Akademik Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin di SMK Negeri 9 Padang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Padang.

Ardi, Z., Daharnis, D., Yuca, V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring The Research Data; Analysis of Assesment Procedures in The Social Science Research. Psychology and Education, 58(1).

Ariaten, K. R., Feladi, V., Dedy, R., & Budiman, A. (2019). Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 1(1), 33-38.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: Macmillan.

Daharnis, D. (2005). Hubungan Sejumlah Karakteristik Mahasiswa, Kondisi Lingkungan, Pembelajaran, Kegiatan Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Daharnis, D., Erlamsyah, E., Ifdil, I., Ardi, Z., & Hariko, R. (2014). Model Program Pengembangan Kegiatan Belajar Siswa SMA Sumatera Barat. Padang: Universitas Negeri Padang.

Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 3(1), 22.

Hudaniah, H., & Utami, Y. G. D. (2013). Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 40-52.

Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 12-16.

Laksmiati, H. (2014). Hubungan antara Self Efficacy dan Self Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa SMAN 2 Bangkalan. Character, 3(2), 1-7.

Mulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraheni, R. F. (2016). Kesabaran dan Academic Self Efficacy Pada Mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 21(1), 78-86.

Nurjayanti, E. D., Widyarini, N., & Sari, A. S. (2023). Hubungan antara Self efficacy Akademik dengan Perilaku Mencontek (Cheating) Selama Masa Daring Siswa SMA X. Jurnal Psikologi, 1(1), 9.

Oktavia, P., Hariko, R., Taufik, T., & Handayani, P. G. (2023). Resiliensi Akademik Siswa SMA yang Tinggal Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 2701-2709.

Robert, A. B., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setriani, S., & Puspitasari, M. (2020). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Motivasi Belajar di SMA Darul Fattah Bandar Lampung. Jurnal Psychomutiara, 3(2), 10-16.

Suwardi, D. R. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Wijaya, I. P., & Niken, T. P. (2012). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orangtua dan Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Perkuliahan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1).




DOI: 10.24036/0001101chr2024
10.24036/0001101chr2024

Article Metrics

Abstract View : 46 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Layla Khairani, Daharnis Daharnis, Herman Nirwana, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.