Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Mengerjakan Skripsi
(1) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional dan kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir dalam mengerjakan skripsi serta mengindentifikasi hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan pada mahasiswa tingat akhir dalam mengerjakan skripsi di Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah 201 mahasiswa tingkat akhir yang dipilih menggunakan metode Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan angket mengenai kecerdasan emosional dan kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis dan diuji dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa: (1)Tingkat kecerdasan emosional pada mahasiswa tingkat akhir berada pada kategori sedang, dengan persentase 58%. (2)Tingkat kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir berada pada kategori tinggi, dengan persentase 81%. (3)Analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan negatif antara kecerdasan emosional (variabel X) dan kecemasan (variabel Y) pada mahasiswa tingkat akhir, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,374 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000.
References
Andarini, S. R., & Fatma, A. 2013. Hubungan antara Distres dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi. Talenta Psikologi.
Bar-On, R. 2006. The Bar-On model of emotional-social intelligence (ESI) 1. Psicothema, 13-25.
Goleman, D. 2018. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Khairani, M., & Fikry, T. R. 2017. Kecerdasan Emosional dan Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matappa.
Landa, J. M.A., Lopez-Zafra, E., De Antonana, R. M., & Pulido, M. 2006. Perceived Emotional Intelligence And Life Satisfaction Among University Teachers. Psicothema, 52-157.
Mumtazia, S. 2022. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2017 Dalam Menyusun Skripsi Di Iain Syekh Nurjati Cirebon.
Puspitasari, R.T. 2013. Adversity Quotient dengan Kecemasan Menghadapi Skripsi pada Mahasiswa. Fakultas Psikologi : Universitas Muhammadiah Malang. Jurnal Psikologi Indonesia.
Ramaiah, S. 2003. Kecemasan Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Stevens, C., Schneider, E., Miller, P. B., & Arcangelo, K. 2019. Exploring the Relationship between Emotional Intelligence and Academic Stress Among Students at a Small, Private College. Contemporary Issues in Education Research, 12(4).
Syahputra, E. 2006. Perbedaan Motivasi Belajar dan Perilaku Pro-Sosial ditinjau dari keanggotaan pada berbagai Organisasi Mahasiswa di Universitas Medan Area. Skripsi. Tidak diterbitkan. Medan: Universitas Medan Area.
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. 2020. Analisis Kecemasan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).
DOI: 10.24036/0001112chr2024
Article Metrics
Abstract View : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muthia Anderesta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.