Hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa sekolah menengah atas
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini didasari karena masih banyaknya siswa yang memiliki masalah dalam komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kepercayaan diri. Penelitian ini mendeskripsikan hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 5 Sijunjung. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan komunikasi interpersonal siswa, 2) mendeskripsikan kepercayaan diri, 3) menguji seberapa besar hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan populasi kelas X, XI siswa SMA Negeri 5 Sijunjung sebanyak 332 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 198 yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri yang valid dan reliabel. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan korelasional Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 121,34 dan persentase 75,84% dari skor ideal, 2) kepercayaan diri berada pada ketegori sedang dengan skor rata-rata 66,70 dan persentase 66,70% dari skor ideal, 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,534 dan signifikansi 0,000.
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Diri
References
Andayani, M. & Amir, Z. (2019). “Membangun self-confidence siswa melalui pembelajaran matematika. Desimal: Jurnal Matematika, Vol. 2 No. 2, Hal. 147–153.”
Ardi, Z., Daharnis, D., Yuca, V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring the Research Data; Analysis of Assessment Procedures in the Social Science Research. Psychology and Education Journal, 58(1), 4109-4115.
Damayanti, N. M., & Dewantoro, A. (2023). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 7(1), 9-17.
DeVito, J. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Edisi Kelima. Jakarta: Profesional Books.
Dewi, V. P. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Yang Memiliki Kecenderungan Adiksi Situs Jejaring Sosial. Edu Humaniora: Jurnal PendidikanDasar, 10(2), 105-114.
Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 TOMA Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.
Hakim, T. (2004). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Ed. 5. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lestari, L., Rosra, M., & Mayasari, S. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(5).
Liliweri, A. (2011). Gatra-gatra Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sagita, N. P. T. H., Manuaba, I. S., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Kontribusi Komunikasi Interpersonal dan Self-confidence Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 315-323.
Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi kepercayaan diri dan kecerdasan emosi terhadap komunikasi interpersonal siswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 5(3), 182-193.
Suciati. (2015). Komunikasi Interpersonal: Sebuah tinjauan psikologis dan perspektif islam. Yogyakarta: Buku Litera Yogyakarta.
Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal biotek, 5(1), 87-102.
Tuasikal, J. M. S., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Konselor, 5(3), 133-138.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Yudhistira, G. A., & Trihastuti, M. C. W. (2023). Hambatan Komunikasi Interpersonal Selama Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Psiko Edukasi, 21(1), 13-27.
Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
DOI: 10.24036/0001118chr2024
Article Metrics
Abstract View : 29 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Azilla Nofriani, Daharnis Daharnis, Herman Nirwana, Indah Sukmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.