Hubungan kecanduan smartphone dengan perilaku agresif siswa

Fani Rahmadani A(1*), Afdal Afdal(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Pada era saat ini teknologi selalu mengalami kemajuan dengan melahirkan alat-alat teknologi canggih yang banyak digunakan untuk membantu kebutuhan manusia dan salah satunya yaitu smartphone. Namun dengan adanya kemajuan ini membuat beberapa individu tidak bisa mengontrol diri mereka dalam penggunaan smartphone sehingga menimbulkan kecanduan terhadap smartphone, itulah yang menyebabkan terbentuknya perilaku agresif pada remaja. Fenomena ini ditemui pada remaja khususnya siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kecanduan smartphone siswa (2) mendeskripsikan perilaku agresif siswa. (3) menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan smartphone dengan perilaku agresif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah 82 siswa SMK N 3 Padang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dengan cara memberikan instrumen penelitian kecanduan smartphone dan perilaku agresif kepada siswa yang sudah diuji validitas dengan rumus pearson correlation dan uji reliabilitas dengan rumus cronbach alpha. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan persentase dan analisis korelasional untuk mendeskripsikan hubungan kecanduan smartphone dengan perilaku agresif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kecanduan smartphone berada pada kategori rendah, (2) perilaku agresif berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecanduan smartphone dengan perilaku agresif dengan koefisien korelasi sebesar 0.342 dengan nilai signifikansi sebesar 0.002 pada tingkatan hubungan yang lemah. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan untuk mereduksi perilaku kecanduan smartphone dan agresif siswa yaitu layanan informasi, layanan konseling individual dan layanan bimbingan kelompok.


References

Adiyatma, R., Mudjiran, M., & Afdal, A. (2020). The contribution of self control towards students smartphone addiction. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 1(5), 45-49.

Afdal, A., Alizamar, A., Ifdil, I., Zadrian, A., Sukmawati, I., Zikra, Z., ... & Syahputra, Y. (2018). An Analysis of Phubbing Behaviour: Preliminary research from counseling perspective. Advances in Social Science, Education and Humanities Research.

Baridwan, Z. (2010). Intermediate Accounting. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial. Jilid 2. Erlangga.

Chuzaimah, Mabruroh, Dihan. F.N. (2010). Smartphone: Antara kebutuhan dan E-Lifestyle. Seminar

Cho, H., Kim, D. J., & Park, J. W. (2017). Stress and Adult Smartphone Addiction: Mediation by Self?

control, Neuroticism, and Extraversion. Stress and Health Journal, 33(5), 624–630.

Febriani, R. D., Triyono, T., Handayani, P. G., Zahri, T. N., & Sari, A. K. (2024). The Problem of Misconceptions about Guidance and Counseling Globally. Jurnal Counseling Care, 8(1), 1-7.

Hariko, R. (2017). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41-49.

Hariko, R. (2018). Are high school students motivated to attend counseling. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 3(1), 14-21.

Hasanah, U., Hijrianti, U. R., & Iswinarti, I. (2020). Pengaruh smartphone addiction terhadap perilaku agresif pada remaja. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 15(2), 182–191.

Hidayat, H., Yusri, Y., & Ilyas, A. (2013). Profil Siswa Agresif dan Peranan Guru BK. Konselor, 4(4), 196– 199.

Hunsen, J.C., Richard R. S & Richard W. (1977). Counseling: Theory and Process. Boston: Allyn and Bacon Inc.

Kartikasari, W. A., Firman, F., & Afdal, A. (2023). Kontrol Diri dan Perilaku Phubbing Dilingkungan Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 5(1), 40-46.

Krahe, B. (2005). Perilaku agresif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kwon, M., Kim, D.-J., Cho, H., & Yang, S. (2013). The smartphone addiction scale: development and validation of a short version for adolescents. PloS One, 8(12), e83558.

Lee, J., Sung, M.-J., Song, S.-H., Lee, Y.-M., Lee, J.-J., Cho, S.-M., Park, M.-K., & Shin, Y.-M. (2018).

Psychological factors associated with smartphone addiction in South Korean adolescents. The Journal of Early Adolescence, 38(3), 288–302.

Papalia, D. E. (2014). menyelami perkembangan manusia edisi 12 buku 2. Jakarta Selatan: Mc Graw Hill Education.

Putra, A. Y., Ifdil, I., & Afdal, A. (2019). Deskripsi tingkat kecanduan smartphone berdasarkan minat sosial. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(1), 9-16.

Putri, J. A., & Afdal, A. (2024). Phubbing Behavior Pada Mahasiswa yang Terlambat Studi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 10872-10880.

Santrock, J. W., Sumiharti, Y., Sinaga, H., Damanik, J., & Chusairi, A. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.




DOI: 10.24036/0001121chr2024
10.24036/0001121chr2024

Article Metrics

Abstract View : 23 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fani Rahmadani A, Afdal Afdal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.