Hubungan Self Control Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Siswa SMA N 1 Pasaman
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self control dengan kecenderungan perilaku bullying siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling dan didapatkan sebanyak 241 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Data diolah dengan menggunakan rumus product moment correlation dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil Penelitian memperlihatkan (1) rata-rata skor capaian self control adalah 62,74 atau 73,81%. Mayoritas (37,3%) siswa memiliki tingkat self control pada kategori sedang; (2) rata-rata skor capaian kecenderungan perilaku bullying adalah 152,10 atau 70,75%. Mayoritas (61,0%) siswa memiliki kecenderungan melakukan perilaku bullying pada kategori tinggi; dan (3) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara self control dengan kecenderungan perilaku bullying siswa dengan koefisien korelasi sebesar -0,405% dengan taraf signifikan 0,000. Berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi, dengan sebesar -0,405% memiliki tingkat hubungan sedang. Artinya semakin rendah self control maka semakin tinggi kecenderungan perilaku bullying dan sebaliknya semakin tinggi self control maka semakin rendah kecenderungan perilaku bullying siswa.
References
Akollo, J. (2022). Hubungan antara Self Control Siswa dengan Kecenderungan Berperilaku Bullying. Tangkoleh Putai, 19(1), 36-53.
Annisa, W. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMA Setia Budi Abadi Perbaungan. (Doctoral Dissertation). Tidak diterbitkan. Medan. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.
Coloroso, B. (2007). Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ningrum, I. K., & Astuti, K. (2023). Kontrol Diri Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Siswi. Jurnal Psikologi, 19(1), 23-31.
Prayitno & Erman, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno (2012). Seri Layanan Konseling L1-L10. Padang: BK FIP UNP.
Putri, M. S., Daharnis, D., & Zikra, Z. (2017). Hubungan Self Control dengan Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 6(1), 1-5.
Rigby, K., & Barrington, T. E. (2010). How Schools Counter Bullying: Policies and Procedures in Selected Australian Schools. ACER Press.
Sari, L. (2014). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Cyberloafing Pada Pegawai Perpustakaan. Skripsi. Tidak diterbitkan. Medan. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
Taufik. (2014). Mencegah dan Mengatasi Tingkah Laku Bullying Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. In Proceeding Guidance and Counseling Internasional Seminar and Workshop.
Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Wardhana, K. (2015). Buku Panduan Melawan Bullying. Jakarta: Sudah Dong Community.
Zain, A. Q. (2021). Hubungan antara Self Control dan Konformitas dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMA “X” di Sleman. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 4(1), 49-62.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324-330.
DOI: 10.24036/0001123chr2024
Article Metrics
Abstract View : 28 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Anita Zahara, Taufik Taufik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.