HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY AKADEMIK DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Dea Depia(1*), Taufik Taufik(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kemandirian belajar siswa. Salah satufaktor yang mempengaruhi hal ini adalah rendahnya self-efficacy akademik siswa, yaitu keyakinansiswa terhadap kemampuan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)Tingkat self-efficacy akademik siswa, (2) Tingkat kemandirian belajar siswa, dan (3) hubunganantara self-efficacy akademik dengan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswaSMK Taruna Padang dan sampelnya berjumlah 137 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalahinstrumen kemandirian belajar siswa dan instrumen self-efficacy akademik. Data diolah denganteknik statistik menentukan nilai persentase yang diolah dalam program Microsof excel, untukmencari hubungan antara kedua variabel digunakan teknik Pearson Product Momen. Hasilpenelitian menunjukan bahwa (1) rata-rata skor capaian self-efficacy akademik siswa SMK TarunaPadang mencapai 77,64 (47,06%) termasuk kategori rendah, (2) rata-rata skor capaian kemandirianbelajar siswa 50,22 (45,66%) berada pada kategori rendah, dan (3) terdapat hubungan yang positifsignifikan antara self-efficacy akademik dengan kemandirian belajar siswa SMK Taruna Padang,dengan nilai korelasi 0,751. Disarankan guru BK SMK Taruna Padang dapat memberikan bantuankepada siswa untuk meningkatkan self-efficacy akademik dengan memberikan bimbingankonseling dalam bidang belajar menggunakan layanan informasi dengan materi pentingnyamengerjakan tugas dengan baik dan membutuhkan rasa percaya diri dalam mengerjakan tugasdengan baik dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas sekolah dikarenakanmasih adanya siswa yang memiliki ketidak mandirian dalam belajar yang baik yang disebabkankurangnya self-efficacy akademik.

References

Bandura, A. 1997. Self efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H Freeman and Company.

Baron, R. A & Donn Byrne. 2004 Psikologi Sosial jilit 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Coob. P. Disessa. A, Lehrer, R., Schauble. (2003). Learning Independence. Journal Education Reseacrch,

(1).

Falentini, F. Y., Taufik, dan Mudjiran. (2014). Usaha yang Dilakukan Siswa dalam Menentukan Arah

pilihi Karier dan Hambatan-hambatan yang Ditemui (Studi Deskripsi terhadap Siswa SMA N

Payakumbuh). Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 310-316.

Febriani, R. D., Triyono, T., Handayani, P. G., Zahri, T. N., & Sari, A. K. (2024). The Problem of

Misconceptions about Guidance and Counseling Globally. Jurnal Counseling Care, 8(1).

Harapan, M., Netrawati., Nirwana, H., & Hariko, R. (2002). Group Counseling: Reducing Cheating

Behavior whit a Wational Emotive Behavior Therapy Approach. Internasional Jurnal of

Applied Counseling and Social Sciences. Vol 4, No 1

Johanda M, Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). SElf-Efficacy Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah di

SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling.

Juliana, Ibrahim, I., & Sano, Afrizal. 2014. Konsep diri remaja pada masa pubertas dan implikasinya

terhadap layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan volume 2 nomor 1.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 17(4), 447-

Khofifah, A. Sano, Afrizal & Syukur Yarmis. 2013. Permasalahan yang disampaikan siswa kepada guru

BK/Konselor. Jurnal Konselor, volume 2, nomor 2.

Kumalasari, I. (2014). Hubungan Antara Self Efficacy dengan kemandirian belajar pada siswa SMPN 2

Randuagung Lumajang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Okavia, P., Hariko, R., Taufik, T., & Handayani, P. G. (2024) Resiliensi Akademik Siswa SMA yang

Tinggal Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).

Prayitno & Erma Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2004). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang:FIP UNP.

Prayitno. (2009). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang:FIP UNP.

Safraturrina, S., Nurdin, S., & Yahya, M. (2016). Hubungan Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar

Pada Siswa (Suatu Studi Penelitianpada MAN Darussalam). JIMBK Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Bimbingan & Konseling, 1(2).

Song, L, dan Hill, J. R. (2007). "A Conceptual Model For Understanding Self Directed Learning in Online

Environmenis". Journal of interactive Online Learning, (Online), Vol. 6, No 1, (www.ncolr.org/ijo),

diakses 28Desember2023.

Syahrial. M., Netrawati., Sukma, D., & Ardi, Z., (2022). The Effect of Self-Efficacy and Task Aversiveness

toward Student Academic Procrastination. Internasioal Journal of Applied Counseling and Social

Sciences. Vol3, No 2.

Sanjayanti, Arum. 2015. Tingkat Kemandirian Belajar Siswa SMAN 1 Kediri Kelas XI MIA-5 pada Model

PBI. Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pendidikan.

Yanti, I., Trisoni, R., & Fajar, N, (2019). Hubungan Minat Dan Kemandiri Belajar Dengan Hasil Belajar

Ipa Siswa Pada Kelas VIII Di SMP N 1 Paraingan. PROCEEDING IAIN Batusangkar,3(2), 1-11.

Yoni. (2017). Pengukuran Self Efficacy Siswa dalam Pemblajaran Matematika di MTSN 2 Ciamis. Jurnal

Teori dan Riset Matematika. 1(2).




DOI: 10.24036/0001125chr2024
10.24036/0001125chr2024

Article Metrics

Abstract View : 39 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dea Depia, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.