HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY AKADEMIK DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Bandura, A. 1997. Self efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H Freeman and Company.
Baron, R. A & Donn Byrne. 2004 Psikologi Sosial jilit 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Coob. P. Disessa. A, Lehrer, R., Schauble. (2003). Learning Independence. Journal Education Reseacrch,
(1).
Falentini, F. Y., Taufik, dan Mudjiran. (2014). Usaha yang Dilakukan Siswa dalam Menentukan Arah
pilihi Karier dan Hambatan-hambatan yang Ditemui (Studi Deskripsi terhadap Siswa SMA N
Payakumbuh). Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 310-316.
Febriani, R. D., Triyono, T., Handayani, P. G., Zahri, T. N., & Sari, A. K. (2024). The Problem of
Misconceptions about Guidance and Counseling Globally. Jurnal Counseling Care, 8(1).
Harapan, M., Netrawati., Nirwana, H., & Hariko, R. (2002). Group Counseling: Reducing Cheating
Behavior whit a Wational Emotive Behavior Therapy Approach. Internasional Jurnal of
Applied Counseling and Social Sciences. Vol 4, No 1
Johanda M, Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). SElf-Efficacy Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah di
SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling.
Juliana, Ibrahim, I., & Sano, Afrizal. 2014. Konsep diri remaja pada masa pubertas dan implikasinya
terhadap layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan volume 2 nomor 1.
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 17(4), 447-
Khofifah, A. Sano, Afrizal & Syukur Yarmis. 2013. Permasalahan yang disampaikan siswa kepada guru
BK/Konselor. Jurnal Konselor, volume 2, nomor 2.
Kumalasari, I. (2014). Hubungan Antara Self Efficacy dengan kemandirian belajar pada siswa SMPN 2
Randuagung Lumajang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Okavia, P., Hariko, R., Taufik, T., & Handayani, P. G. (2024) Resiliensi Akademik Siswa SMA yang
Tinggal Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).
Prayitno & Erma Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2004). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang:FIP UNP.
Prayitno. (2009). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang:FIP UNP.
Safraturrina, S., Nurdin, S., & Yahya, M. (2016). Hubungan Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar
Pada Siswa (Suatu Studi Penelitianpada MAN Darussalam). JIMBK Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Bimbingan & Konseling, 1(2).
Song, L, dan Hill, J. R. (2007). "A Conceptual Model For Understanding Self Directed Learning in Online
Environmenis". Journal of interactive Online Learning, (Online), Vol. 6, No 1, (www.ncolr.org/ijo),
diakses 28Desember2023.
Syahrial. M., Netrawati., Sukma, D., & Ardi, Z., (2022). The Effect of Self-Efficacy and Task Aversiveness
toward Student Academic Procrastination. Internasioal Journal of Applied Counseling and Social
Sciences. Vol3, No 2.
Sanjayanti, Arum. 2015. Tingkat Kemandirian Belajar Siswa SMAN 1 Kediri Kelas XI MIA-5 pada Model
PBI. Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pendidikan.
Yanti, I., Trisoni, R., & Fajar, N, (2019). Hubungan Minat Dan Kemandiri Belajar Dengan Hasil Belajar
Ipa Siswa Pada Kelas VIII Di SMP N 1 Paraingan. PROCEEDING IAIN Batusangkar,3(2), 1-11.
Yoni. (2017). Pengukuran Self Efficacy Siswa dalam Pemblajaran Matematika di MTSN 2 Ciamis. Jurnal
Teori dan Riset Matematika. 1(2).
DOI: 10.24036/0001125chr2024
Article Metrics
Abstract View : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dea Depia, Taufik Taufik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.