Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMAN 1 Merangin

Suci Parastika(1*), Indah Sukmawati(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang sering menunda-nunda dan terlambat dalam mengerjakan tugas, penundaan ini disebut sebagai prokrastinasi akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik yaitu manajemen waktu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan manajemen waktu peserta didik SMAN 1 Merangin. (2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik peserta didik SMAN 1 Merangin. (3) menguji hubungan signifikansi antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik peserta didik SMAN 1 Merangin. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 257 peserta didik SMAN 1 Merangin yang dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala manajemen waktu dan skala prokrastinasi akademik. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik peserta didik SMAN 1 Merangin. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) manajemen waktu berada pada kategori sedang, (2) prokrastinasi akademik berada pada kategori sedang (3) terdapat hubungan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik yang negatif signifikan.

 

 




DOI: 10.24036/0001130chr2024
10.24036/0001130chr2024

Article Metrics

Abstract View : 18 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suci Parastika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.