Gambaran motivasi belajar antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan tidak berorganisasi

Rizky Fadhlullah(1*), Frischa Meivilona Yendi(2), Herman Nirwana(3), Triave Nuzila Zahri(4), Miftahul Fikri(5),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(5) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Motivasi belajar berperan sangat penting dalam memberikan gairah atau semangat belajar, sehingga mahasiswa yang bermotivasi kuat memiliki energi banyak untuk melakukan kegiatan belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu organisasi, ketika budaya organisasi mendukung perkembangan pribadi dan pembelajaran, mahasiswa cenderung lebih termotivasi untuk belajar. Responden penelitian adalah 347 mahasiswa yang aktif berorganisasi dan tidak berorganisasi, yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar mahasiswa aktif berorganisasi berada pada kategori sedang, kemudian motivasi belajar mahasiswa tidak berorganisasi juga berada pada kategori sedang, ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikat dimana, mahasiswa aktif berorganisasi dan tidak berorganisasi memiliki motivasi belajar yang cukup. Dalam upaya meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, layanan bimbingan konseling yang dapat diberikan yakni seperti layanan informasi, layanan konseling individu dan layanan bimbingan kelompok.

References

Agung, S. (2020). Hubungan Psychological Ownership dalam Organisasi Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Alferina, C. (2016). Motivasi berprestasi peternak kambing perah dalam mencapai keberhasilan usaha. Students e-journal, 5(4).

Amalia, I. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Motivasi Belajar Siswa MAN LAMPA Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi.

Aqib, Z., (2012), Pendidikan Karakter di Sekolah (Membangun Karakter dan Kepribadian anak), Bandung: Yrama Widya.

Ardi, M. dan Aryani, L. 2010. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi dengan Minat Berorganisasi Pada Mahasiswa. Jurnal Fakultas Psikologi UIN Suska.

Ardi, Z., Yendi, F. M., & Ifdil, I. (2013). Konseling online: sebuah pendekatan teknologi dalam pelayanan konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1-5.

Desyafmi, H., Firman., & Ifdil, I. (2016). Peningkatan motivasi siswa dalam menyelesaikan tugas melalui layanan informasi. Konselor, 3(1), 35-41.

Dimyati, Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirmantoro, M. (2015). Motivasi mahasiswa kuliah sambil bekerja (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar & Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Gunova, R. H. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Bem Fakultas Di Uin Suska Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Hamzah. (2012). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prayitno. (2009). Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil). Jakarta: Balai Aksara.

Putra, A. K., Firman, F., & Syahniar, S. (2019). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling, 1(1).

Slameto. (2010). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sofyan S. (2007). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Sudaryo,Y., Aribowo, A., & Sofiati, N.A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, Indonesia: ANDI.

Winkel, W. S. (2007). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: 10.24036/0001211chr2025
10.24036/0001211chr2025

Article Metrics

Abstract View : 4 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rizky Fadhlullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.