Paradoks phubbing dan nomophobia siswa dalam tinjauan bimbingan konseling
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Pattimura
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan teknologi informasi turut memberikan dampak negatif terhadap kualitas interaksi dan komunikasi antar individu melalui kemunculan perilaku phubbing. Penelitian terdahulu menunjukkan pengaruh negatif perilaku phubbing terhadap perkembangan siswa, terutama penurunan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku phubbing siswa dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan deskriptif. 400 siswa SMAN 1 Kota Solok pengguna smartphone lebih dari 5 jam per hari dipilih sebagai responden penelitian menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui pendistribusian instrumen Generic Scale of Phubbing (GSP) versi bahasa Indonesia (Isrofin, 2020). Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan mempertimbangkan nilai kecenderungan pemusatan dan penyebaran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum perilaku phubbing siswa berada pada kategori rendah. Namun demikian, terdapat beberapa aspek yang masih berada pada kategori sedang, salah satunya yaitu nomophobia. Dengan demikian, meskipun secara umum siswa tidak menampilkan perilaku phubbing, namun masih terdapat kecenderungan nomophobia yang cukup besar. Diperlukan penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling untuk memelihara kondisi positif siswa yang tidak menunjukkan perilaku phubbing, dan upaya terapeutik terhadap kondisi nomophobia siswa. Pembahasan fokus pada salah satu aspek perilaku phubbing yaitu nomophobia, serta implikasi terhadap pelayanan bimbingan dan konseling.
References
Afdal Afdal, Alizamar Alizamar, Ifdil Ifdil, Zadrian Ardi, Indah Sukmawati, Zikra Zikra, Asmidir Ilyas, Miftahul Fikri, Yuda Syahputra (2018) An Analysis Of Phubbing Behaviour: Preliminary Research From Counseling Perspective. Advances In Social Science, Education And Humanities Research, Volume 295.
Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. (2019). Peran konselor dalam meningkatkan disiplin siswa: tinjauan berdasarkan persepsi siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1), 15–22.
As’ari, N. L. P., Hariko, R., & Nurfarhanah, G. D. S. Gambaran Nomophobia Siswa SMA.
Billieux, J., Maurage, P., Griffiths. (2015). Can Disordered Monile Phone Use Be Considered a Behavioral Addiction? An Update Oncurrent Evidence and a Comprehensive Model for Futire Research. Springer Nature 2: 156-162
B?achnio, A., & Przepiorka, A. (2019). Be aware! If you start using Facebook problematically you will feel lonely: Phubbing, loneliness, self-esteem, and Facebook intrusion. A cross-sectional study. Social Science Computer Review, 37(2), 270-278.
Chotpitayasunondh, V. & Douglas, K. M. (2016). How “Phubbing” Becomes The Norm: The Antecedents And Consequences Of Snubbing Via Smartphone. Computers In Human Behavior, (63), 9-18.
Cizmeci, E., 2017. Disconnected, though satisfied: phubbing behavior and relationship satisfaction. Turk. Online J. Design Art Commun. 7 (2), 364–375.
David, M. E., & Roberts, J. A. (2017). Phubbed And Alone: Phone Snubbing, Social Exclusion, And Attachment to Social Media. Journal of The Association for Consumer Research, 155- 163.
Farkhah, L., Saptyani, PM. (2023). Dampak perilaku phubbing:literatur review. Jurnal keperawatan komplementer holistic. Vol 1 no 2
Firman, F., Zakaria, N. S., Rahman, N. A., Hariko, R., Susanto, E., Ramdani, R., & Asri, R. (2024). Pencegahan Perundungan pada Remaja: Strategi dan Pendekatan Gestalt dalam Bimbingan Kelompok. Rajawali Pers.
Fitri, N., D & Hasmira., MH. (2024) phubbing dalam Interaksi Sosial di Lingkungan Mahasiswa UNP. Jurnal Perpektif. Vol. 7 No. 1
Ghofururrohim, N., M., Wicaksono, R., N., Faristiana, A., R (2023). Pengaruh smartphone pada anak usia dini. Jurnal sosial humaniora dan pendidikan 3(2).
Govier, T. (2003). What is acknowledgement and why is it important. Dilemmas of reconciliation: Cases and concepts, 65, 80.
Haigh, A. (2015). Stop Phubbing.
Handayani, A., P, Husnita. (2021). Pengaruh Perilaku Phubbing Terhadap Berkurangnya Intensitas Komunikasi Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19. Komunikatif: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 10 No. 2.
Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan Dan Konseling. Nilai Dan Kesejahteraan Individu : Studi Literatur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. Vol 4 No 2
Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling. Vol. 2
Hariko, R. (2018). Are high school students motivated to attend counseling. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 3(1), 14-21.
Hariko, R. (2020). Pengembangan model bimbingan kelompok agentik untuk meningkatkan perilaku prososial siswa sekolah menengah pertama (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Hariko, R. (2021). Bimbingan Kelompok Agentik: Model peningkatan perilaku prososial siswa. CV Literasi Nusantara Abadi.
Hariko, R., Hanurawan, F., Ramli, M., Afdal, A., Lestari, M., Fikri, M., & Suri, G. D. (2023). Towards an effective agentic group guidance model to improving the prosocial behavior of Minangkabau adolescents. Journal for ReAttach Therapy and Developmental Diversities, 6(6), 198-208.
Hariko, R., Nirwana, H., Fadli, R. P., Ifdil, I., Hastiani, H., & Febriani, R. D. (2021). Students’ motivation to attend group guidance based on gender and ethnic. International Journal of Research in Counseling and Education, 5(1), 85-96.
Hura, S., M., (2021). Pengaruh Fear of Missing Out Terhadap Perilaku Phubbing Pada Remaja. Jurnal Pskologi 19(2)
Irrawati, A., N, Nurmina. (2020). Perbedaan Perilaku Phubbing Pada Dewasa Awal Dalam Situasi Hubungan Keluarga, Hubungan Pertemanan. Dan Hubungan Percintaan Di Kota Bukittinggi. Jurnal Psikologi Proyeksi. Vol. 15 No. 2.
Isrofin, B. (2020). Validasi generic scale of phubbing (GSP) versi Bahasa Indonesia dengan rasch model. Nusantara of Research : Jurnal Hasilhasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(1). Doi: 10.29407/nor.v7i1.13883
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan Dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol. 17 No. 4
Karadag, E., (2015). Determinants of Phubbing, Which Is The Sum of Many Virtual Addictions: A Structural Equation Model. Journal Of Behavioral Addictions, 4(2), 60–74.
Mahfudhoh, Fatimah (2019). Strategi Pemanfaatan Gadget Pada Santriwati di Pondok Pesantren As-Salafy Al- Asror (Studi Kasus As-Salafy Pada Santriwati Pelajar di Yayasan Al-Asror). Journal Of Education, Society, And Culture. Vol 8 No, 2.
Muyana, S., & Widyastuti, D. A. (2017). Nomophobia (No-Mobile Phone Phobia) Penyakit Remaja Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Penguatan Karakter, 280-287.
Nazir, T & Piskin, M. (2016). Phubbing : a Technological Invasion Which Connected The World But Disconnected Humans. Indian Psychology 3(68)
Nofiani, D., & Hariko, R. (2023). Interest Of Student SMPN 1 Painan Following Individual Counseling. Current Issues in Counseling, 3(1), 30-35.
Nugraha, K., A. (2018). The Effectiveness ofPeripheral Interaction Concept for Mobile Phone Usage While Driving. International Conference on Information and Communications Technology (Icoiact).
Permana, V. S. Y., & Masrukhin, A. R. (2022). Live modeling efektivitas bimbingan klasikal dengan teknik live modeling dalam memperbaiki perilaku phubbing siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong–Jember. JEC: Journal of Educational Counseling, 2(1), 25-51.
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang
Putri, Y., E., Marjohan, Ifdil dan Hariko., R.(2022) Perilaku Phubbing Mahasiswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 7 No. 3
Putri., J., A & Afdal. (2024) Phubbing Behavior Pada Mahasiswa yang Terlambat Studi. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(1)
Rachman, A., Setiawan, M. A., Bawimbang, J. E., & Rachman, F. (2019). Layanan Bimbingan Klasikal Dampak Phubbing pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 293-298.
Rismiyana, R., Umar, N. F., & Buchori, S. (2024). Analisis Perilaku Phubbing (Phone Snubbing) dan Penanganannya. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 5(3), 75-79.
Saloom, G., & Veriantari, G. (2021). Faktor-Faktor Psikologis Perilaku Phubbing. 9(2), 152– 167
Saputri, D. N., Anggriana, T. M., & Kadafi, A. (2020, September). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Phubbing. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 4, No. 1, pp. 26-30).
Silmi., A. (2022) Dampak Psikologis Perilaku Phubbing dalam Beriteraksi Sosial Pada Mahasiswa. Skripsi
Sukmawati, I., Afdal, A., Andriyani, W., & Fikri, M. (2022). Kesehatan Reproduksi Remaja: Konsep Dasar dan Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Padang: FIP UNP.
Syafitri, R. (2023). Pengaruh Perilaku phubbing dan Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2019, 2020, dan 2021). Skripsi
Syahputra, Y., & Erwinda, L. (2020). Perbedaan nomophobia Mahasiswa; Analisis Rasch. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 6(2), 69-76. https://doi.org/10.29210/02020616 1 Tambusai. 8(1)
Tsaqila., H., Q. (2019) Gambaran Perilaku Phubbing Pada Remaja Pengguna Ponsel di MAN 13 Jakarta. Skripsi
Turnbull, C. (2010). Mom just facebooked me and dad knows how to text. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications.
Utami, A., N & Kurniawati, F. (2019). Dampak Negatif Adiksi Penggunaan smartphone terhadap Aspek-aspek Akademik Personal Remaja. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan. Vol. 33 No. 1
Vanden Abeele, M. M., Hendrickson, A. T., Pollmann, M. M., & Ling, R. (2019). Phubbing behavior in conversations and its relation to perceived conversation intimacy and distraction: An exploratory observation study. Computers in Human Behavior, 100, 35-47.
Yakub, E., & Mardes, S. (2023). Analisis perilaku Phubbing dan faktor penyebabnya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 723-735.
Yang, C. C., & Christofferson, K. (2020). On the phone when we’re hanging out: Digital social multitasking (DSMT) and its socioemotional implications. Journal of youth and adolescence, 49, 1209-1224.
Yildirim, C., Sumuer, E., Adnan, M., & Yildirim, S. (2016). A growing fear: Prevalence of nomophobia among Turkish college students. Information Development, 32(5), 1322–1331.
Yusnita, Y.., & Syam, M, H. (2017). Pengaruh Perilaku Phubbing Akibat Penggunaan Gawai Berlebihan Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 2(3)
DOI: 10.24036/0001221chr2025
Article Metrics
Abstract View : 23 timesPDF : 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Agustina Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.