Perbedaan akademik burnout pada mahasiswa kelas internasional ditinjau dari jenis kelamin
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(5) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Akademik burnout merupakan kondisi kelelahan fisik, mental, dan emosional yang berdampak pada penurunan prestasi akademik, kesehatan belajar, serta kualitas hidup mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat akademik burnout, serta mengetahui perbedaan akademik burnout antara mahasiswa laki-laki dan perempuan pada kelas internasional di Universitas Negeri Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitiann dekriptif komperatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 248 dengan 68 laki-laki dan 180 perempuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa akademik burnout mahasiswa kelas internasional secara keseluruhan berada pada kategori sedang (60,08%). Pada hasil uji-test terdapatnya perbedaan akademik burnout mahasiswa pada kelas internasional laki-laki dan perempuan dengan tarif signifikan p= 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05, dilihat dari distribusi frekuensi antara laki-laki dengan kategori rendah (54,41%) dan perempuan dengan kategori sedang (66,11%), walaupun ada perbedaan, tetapi tidak terlalu mencolok secara praktis.
References
Aminullah, A., & Arief, T. M. V. (2024). Mahasiswa ITB Tewas Setelah Jatuh dari Apartemen, Mahasiswa Pernah Keluhkan Soal Akademik dan Tugas Kuliah. Kompas,Com. https://bandung.kompas.com/read/2024/11/26/164545678/mahasiswa-itb-tewas-setelah-jatuh-dari-apartemen-pernah-keluhkan-soal-tugas
Asrowi, A., Susilo, A. T., & Hartanto, A. P. (2020). Academic Burnout pada Peserta Didik Terdampak Pandemi Covid-19. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 123–130. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1195
Aullya, D. P., & Nurfarhanah. (2024). Gambaran Resilensi Akademik Mahasiswa Kelas Internasional dan Implikasinya dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 4(5), 1003–1013. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/yasin.v4i5.3670
Biremanoe, M. E. (2021). Burnout Akdemik Mahasiswa Tingkat Akhir. Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 165–172.
Chairawati, F. (2014). Evaluasi Pembelajaran pada Kelas Internasional Fakultas Dakwah Iain Ar-Raniry. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(1), 15–32.
Dalimunthe, S. I., & Daulay, A. A. (2024). Perbedaan Strategi Coping Mahasiswa Akhir dalam Menghadapi Stres Akademik Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(4), 91–102. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya
Dinata, W., & Fikry, Z. (2023). Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dengan Burnout Akademik pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1438–1445. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5439
Dwiana, A., & Alif. (2024). Prevalensi Burnout Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Ebers Papyrus, 29(2), 1–12. https://doi.org/10.24912/ep.v29i2.28146
Fyana, L., & Rozali, A. (2020). Perbedaan Burnout Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Karyawan Bank ABC. Jca of Psychology, 1, 147–152.
Hariko, R., & Ifdil, I. (2017). Analisis Kritik Terhadap Model Kipas Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(2011), 109–117.
Ilhamsyah, F., Margareta, I., Pratiwi, Amanda, S. L., & Alrefi. (2023). Gambaran Umum Stress Akademik Mahasiswa Keguruan di Palembang. Jurnal Ilmiah Konseling Pendidikan, 2(2), 71–78.
Junining, E., & Prawoto, S. (2020). Evaluasi Model Program Kelas Internasional di Perguruan Tinggi dalam Perspektif Kelembagaan. Jurnal Hasta Wiyata, 3(2), 114–119. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2020.003.02.06
Maslach, C., & Leiter, M. . (1997). The Truth about Burnou. California: Jossey Bass.
Pranoto, J. P., & Wibowo, D. H. (2023). Peran Self efficacy terhadap Burnout yang Dimoderatori Jenis Kelamin pada Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Psikologi Udayana, 10(1), 286. https://doi.org/10.24843/jpu.2023.v10.i01.p08
Putri, N., & Yasmin, M. (2023). Academic Burnout in View of Gender in Post-Pandemic Padang State University Students. Psycho Holistic, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.35747/ph.v5i1.633
Ramadhan, M. R., Rizal, G. L., & Fikry, Z. (2022). Tingkat Burnout Akademik pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Journal of Elementary Education, 6(2), 255–264.
Saaduddin. (2022). Kejenuhan Belajar Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Journal on Education, 04(04), 2061–2069.
Sari, R., & Mulyati, F. Y. (2024). Lulusan Berkompetensi Global Abad 21. Seminar Nasioanl FITK UIN Jakarta, 1(1), 289–301.
Setiyowati, J. A., Rachmawati, I., & Prihatiningsi, R. (2021). Akademic Burnout Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah. Malang: Media Nusa Creative.
Tran, T. X., Vo, T. T. T., & Ho, C. (2023). From Academic Resilience to Academic Burnout among International University Students During the Post-COVID-19 New Normal: An Empirical Study in Taiwan. Behavioral Sciences, 13(3). https://doi.org/10.3390/bs13030206
Watson, R., Deary, I., Thompson, D., & Li, G. (2008). A Study Stress and Burnout in Nursing Students in Hong Kong. White Rose Research Online, 45, 1534–1542. http://eprints.whiterose.ac.uk/4733/
DOI: 10.24036/0001227chr2025
Article Metrics
Abstract View : 14 timesPDF : 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ulfy Ulandary

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.