Hubungan Problematic Smartphone Usage (PSU) dengan Komunikasi Interpersonal Siswa
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara problematic smartphone usage dengan komunikasi interpersonal pada siswa di SMA Negeri 3 Sawahlunto. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya penggunaan smartphone secara berlebihan di kalangan remaja yang diduga dapat menghambat kemampuan komunikasi tatap muka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel terdiri atas 68 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala Problematic Smartphone Use dan skala komunikasi interpersonal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara problematic smartphone usage dan komunikasi interpersonal (r = -0,408; p < 0,05), dengan kekuatan korelasi berada pada kategori sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat penggunaan smartphone yang bersifat problematik, semakin rendah kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Oleh karena itu, diperlukan upaya pengelolaan penggunaan smartphone secara bijak guna mendukung pengembangan keterampilan sosial dan komunikasi interpersonal pada remaja.
References
Appulembang, A. Y. (2023). Statistik Deskriptif dalam Penelitian dan Penggunaan Aplikasi SPSS Contoh-Contoh dan Latihan Mengacu pada Bidang Psikologi. Palembang: Bening Media Publishing.
Arikunto, S. (2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bian, M., & Leung, L. (2015).Linking loneliness, shyness, smartphone addiction symptoms, and patterns of smartphone use to social capital. Social Science Computer Review, 33(1), 61-79.
Billieux, J. (2012). Problematic use of the mobile phone: a literature review and a pathways model. Current Psychiatry Reviews, 8(4), 299-307.
Billieux, J., Maurage, P., Lopez-Fernandez, O., Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2015).Can disordered mobile phone use be considered a behavioral addiction? An update on current evidence and a comprehensive model for future research. Current Addiction Reports, 2(2), 156-162.
Busch, P. A., & McCarthy, S. (2021). Antecedents and consequences of problematic smartphone use: A systematic literature review of an emerging research area. Computers in Human Behavior, 114, 1–47.
Devito.A.J. (2011).Komunikasi Antar Manusia. Edisi kelima. Jakarta: Karisma Publishing Group
Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gottfredson, M. R., & Hirschi, T. (1990). A General Theory of Crime. Stanford University Press.
Hardisman. (2020). Tanya Jawab Analisis Data: Prinsip Dasar dan Langkah-Langkah Aplikasi Praktis pada Penelitian Kesehatan. Padang: Spasi Media.
Hardjana, Agus M.(2003).Komunikasi Intrapersonal & Komunikasi Interpersonal.Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Hawi, N. S., & Samaha, M. (2017). Relationships among smartphone addiction, anxiety, and family relations. Behaviour & Information Technology, 36(10), 1046–1052.
Ihm, J. (2018). Social implications of children's smartphone addiction: The role of support networks and social engagement. Journal of Behavioral Addictions, 7(2), 473-481.
Maryanti, Zikra, Nurfarhanah. (2012). Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa.S Maryanti. Konselor 1 (2),
Minarsi, L., Nirwana, D., & Syukur, M. (2017). Komunikasi Interpersonal dalam Konteks Pendidikan. Jakarta
Mufid, A. (2012). Komunikasi sebagai Keterampilan Berorasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rianatha, L., & Sawitri, D. R. (2015).Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Guru-siswa dengan Self –Regulated Larning pada Siawa SMAN 9 Semarang. Jurnal Empati, 4(2), 209-2013.
Rotondi, V., Stanca, L., & Tomasuolo, M. (2017).Connecting alone: Smartphone use, quality of social interactions and well-being. Journal of Economic Psychology, 63, 17–26.
Syarif, H. (2020). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMA di Kota Padang. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 10(2), 112–121. https://doi.org/10.31227/osf.io/abcd1
Turkle, S. (2011). Alone Together: Why We Expect More from Technology and Less from Each Other. Basic Books.
Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018).Associations between screen time and lower psychological well-being among children and adolescents: Evidence from a population-based study. Preventive Medicine Reports, 12, 271-283.
Twenge, Jean M. (2017). iGen: Why Today's Super-Connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy and Completely Unprepared for Adulthood. Atria
DOI: 10.24036/0001232chr2025
Article Metrics
Abstract View : 25 timesPDF : 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Salmanisa Mutiara Rahmasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.