Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Stres Akademik Siswa di SMA

Nafisah Sahri(1*), Zadrian Ardi(2), Frischa Meivilona Yendi(3), Azmatul Khairiyah Sari(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dan tingkat stres akademik pada siswa SMA Negeri 2 Batusangkar. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumlah 470 orang. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sebanyak 216 siswa sebagai responden. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan stres akademik, dengan nilai koefisien korelasi Pearson sebesar r = -0,642 dan tingkat signifikansi p = 0,000 (p < 0,01). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa, maka semakin rendah tingkat stres akademik yang mereka alami. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya penguatan aspek emosional sebagai bagian dari pengembangan diri siswa guna mencegah munculnya tekanan dalam lingkungan akademik.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0001236chr2025
10.24036/0001236chr2025

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nafisah Sahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.