Nomophobia pada Mahasiswa yang Mengalami Digital Fatigue
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Masita, S.T., Sari, M. E., & Ardiawan, K. N. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Aguilera-Manrique, G., Márquez-Hernández, V. V., Alcaraz-Córdoba, T., Granados-Gámez, G., Gutiérrez-Puertas, V., & Gutiérrez-Puertas, L. (2018). The Relationship Between Nomophobia And The Distraction Associated With Smartphone Use Among Nursing Students In Their Clinical Practicum. Plos One, 13(8), 1–14.
Alam, G. F., Wiyono, B. B., Batita, S. R., & Purnawirawan, O. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan Manajemen Efektif Menuju Generasi Emas 2045. Seminar Nasional Manajemen Pendidikan 2024.
Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslinda, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Aulia, T. N., & Asbari, M. (2023). Bahaya Digital Fatigue pada Kesehatan Mental : Analisis Singkat Perspektif Rhenald Kasali. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(01), 30–33.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Çobano?lu, A., Bahadir-Yilmaz, E., & Kiziltan, B. (2021). The Relationship Between Nursing Students’ Digital And Smartphone Addiction Levels And Nomophobia: A Descriptive, Correlational Study. Perspectives In Psychiatric Care, 57(4), 1727–1734.
El-Ashry, A. M., El-Sayed, M. M., Elhay, E. S. A., Taha, S. M., Atta, M. H. R., Hammad, H. A. H., & Khedr, M. A. (2024). Hooked On Technology: Examining The Co-Occurrence Of Nomophobia And Impulsive Sensation Seeking Among Nursing Students. BMC Nursing, 23(1), 1–13.
Fahira, Z., Amna, Z., Mawarpury, M., & Faradina, S. (2021). Kesepian dan Nomophobia pada Mahasiswa Perantau. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(2), 183.
Fatimatuzzahro, Aliyudin, M., Damara, R., & Hayati, F. A. (2025). Analisis Kecanduan Gadget pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 583–590.
Febreza, F., & Junaidi, J. (2022). The Fenomena “Digital Fatigue” Pada Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3).
Griffiths, M. (2005). A “Components” Model Of Addiction Within A Biopsychosocial Framework. Journal Of Substance Use, 10(4), 191–197.
Hutapea, S. P., Purwasetiawatik, T. F., & Hayati, S. (2024). Tingkat Kecenderungan Nomophobia Pada Mahasiswa di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 4(2), 651–658.
Iloponu, A., Yantu, I., & Tantawi, R. (2025). Peran Mediasi Emotional Salary Pada Pengaruh Quiet Quitting dan Digital Fatigue terhadap Retensi Karyawan Gen Z ( Studi Pada Industri Sektor Jasa Perbankan di Kota Gorontalo ). Economics and Digital Business Review, 6(2), 1033–1045.
Iqbal, M. (2024). Pengaruh Antara Kebijakan Fleksibel Kerja dan Penggunaan Teknologi Terhadap Manajemen Waktu Pada Pekerja Remote dan Freelancer. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(07).
Karlin, R. P. (2023). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Nomophobia (Issue 1). Universitas Negeri Padang. Skripsi (tidak diterbitkan).
Khairani, M. K., Irmayana, I., Mawarpury, M., & Nisa, H. (2022). Nomophobia pada Generasi X, Y, Dan Z. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 6(1), 20–31.
Khirani, F. N., & Sunarti, V. (2025). Hubungan Antara Pengawasan Orang Tua Dengan Intensitas Penggunaan Smartphone Remaja Di Jorong Koto Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Jurnal Family Education, 1, 61–73.
Khotimah, K., & Ula, D. M. (2023). Transformasi Akses Informasi : Dampak Referensi Digital Terhadap Produktivitas Mahasiswa Dalam Perkuliahan. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 01(11).
King, A. L. S., Valença, A. M., Silva, A. C., Sancassiani, F., Machado, S., & Nardi, A. E. (2014). “Nomophobia”: Impact of Cell Phone Use Interfering with Symptoms and Emotions of Individuals with Panic Disorder Compared with a Control Group. Clinical Practice & Epidemiology in Mental Health, 10(1), 28–35.
Laila, Z., Dinullah, A., & Aulia, A. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Pada Mahasiswa UIN Jakarta. Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(10), 1–10.
Medina, N. N. (2025). Mengatasi Digital Fatigue : Strategi Untuk Era Teknologi Yang Semakin. ResearchGate.
Muhammad, B. R., Nugraha, A., Suliyawati, E., & Yulyyawati, R. (2025). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dengan Kejadian Mata Lelah ( Astenopia ) pada Remaja SMAN 1 Garut STIKES Karsa Husada Garut. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kesehatan.
Mukhyi, A. M. (2023). Metodologi Penelitian Panduan Praktis Penelitian Yang Efektif. Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup.
Mulyani, N. (2023). Fenomena Sindrom Nomophobia Dan Dampaknya Terhadap Kualitas Kecerdasan Majemuk Pada Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 18(1), 139–164.
Munawaroh, M. (2021). Digital Fatigue Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental (Studi Fenomenologi Pada Guru Di Kabupaten Lamongan). Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 79–95.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., & B, T. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Mojokerto: Insight Mediatama.
Muyana, S., & Widyastuti, D. A. (2017). Nomophobia (no-mobile phone phobia) penyakit remaja masa kini. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 280–287.
Nurhalizah, A., & Widyastuti, F. (2023). Social Media Fatigue Ditinjau dari Stres Akademik selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Integratif, 11(1), 121.
Prastiwi, A. H., & Apriliyani, I. (2023). Gambaran Nomophobia ( No Mobile Phone Phobia ) Pada Anak Pengguna Smartphone Di SD Negeri 1 Dukuhwaluh. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 5158–5166.
Putri, A. F. (2018). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35.
Putri, R. A. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105–111.
Rabathy, Q. (2018). Nomophobia Sebagai Gaya Hidup Mahasia Generasi Z. Jurnal Linimasa, 1(1).
Rahman, I. A., Aziz, F., Marliany, H., Setiawan, H., & Apipudin, A. (2024). Tingkat Nomophobia (No Mobile-Phone Phobia) Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal.
Riyadi, F. M., & Widiastuti, M. (2023). Kecenderungan Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri (Studi Pada Remaja Di DKI Jakarta). Psychomunity: Seminar Nasional Esa Unggul, 65–76.
Romero-Rodríguez, J. M., Hinojo-Lucena, F. J., Kopecký, K., & García-González, A. (2023). Digital Fatigue In University Students As A Consequence Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic. Educacion XX1, 26(2), 165–184.
Routray, S. A., & Giri, R. C. (2019). Nomophobia: Mobile Phone Dependence Among Students Of A Medical College In Central Odisha India. International Journal Of Community Medicine And Public Health, 6(9), 4011.
Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga.
Setyawan, D. A., Devriany, A., Huda, N., Rahmadiliyani, N., Patriyani, R. E. H., & Sulustyowati, E. C. (2021). Buku Ajar Statistika. Indramayu: Adab.
Sharma, N., Sharma, P., Sharma, N., & Wavare, R. (2015). Rising concern of nomophobia amongst Indian medical students. International Journal of Research in Medical Sciences, 3(3), 705.
Silvani, P. M. (2021). Pengaruh Kontrol Diri Dan Kompetensi Sosial Terhadap Kecenderungan Nomophobia Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 61.
Soleh, N., & Rahman, F. (2024). Kontribusi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Journal of Smart Education and Learning, 1(1).
Subroto, L. M. (2024). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Mata pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jurnal Anestesi: Jurnal Ilmu Kesehatan dan Kedokteran.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhafid, M. Z., & Prayuda, R. (2024). Pertautan Antara Teknologi dan Kemanusiaan dalam Sektor Pendidikan Menuju Indonesia Emas 2045. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5991–6001.
Supriyadi, T., Sulistiasih, S., Rahmi, K. H., Pramono, B., & Fahrudin, A. (2025). The Impact Of Digital Fatigue On Employee Productivity And Well-Being: A Scoping Literature Review. Environment And Social Psychology, 10(2).
Yildirim, C. (2014). Exploring The Dimensions Of Nomophobia: Developing And Validating A Questionnaire Using Mixed Methods Research Core View Metadata, Citation And Similar Papers At Core. Lowa: Lowa State University.
Yildirim, C., & Correia, A. P. (2015). Exploring The Dimensions Of Nomophobia: Development And Validation Of A Self-Reported Questionnaire. Computers In Human Behavior, 49, 130–137.
DOI: 10.24036/0001238chr2025
Article Metrics
Abstract View : 9 timesPDF : 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Avrilia Mutiara Zulmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.