Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Negeri Padang

Monic Sonya Aligrha(1*), Zadrian Ardi(2), Rima Pratiwi Fadli(3), Miftahul Fikri(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tahun pertama Universitas Negeri Padang. Menggunakan metode kuantitatif korelasional, penelitian melibatkan 376 mahasiswa dari lima fakultas yang dipilih dengan purposive random sampling. Instrumen berupa skala manajemen waktu dan skala prokrastinasi akademik berbasis Likert. Analisis data meliputi uji normalitas, linearitas, dan korelasi Pearson. Hasil menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik (r = -0,664, p < 0,01). Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin baik manajemen waktu, semakin rendah prokrastinasi akademik. Implikasi penelitian ini diarahkan pada pengembangan layanan bimbingan untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu mahasiswa.


References

Atkinson, Philip E. (2000). Manajemen waktu yang efektif. Jakarta: Binarupa Aksara

Boncales, Z. T. P. (2019). Procrastination in relationship to mental health. Academy University of Bohol, Graduate School and Professional Studies, 14(1), 81–100. https://doi.org/10.15631/aubgsps.v14i1.141.

Dara, Y. L., Wolor, C. W., & Marsofiati, M. (2023). Pengaruh perfeksionisme, manajemen waktu, dan internal locus of control terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Serumpun: Journal of Education, Politic, and Social Humaniora, 1(2), 139. https://doi.org/10.61590/srp.v1i2.93.

Dayantri, S., & Netrawati, N. (2023). Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21137–21143. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9626

Falma, F. O., & Putra, A. H. (2025). Correlation between academic self-efficacy and digital competence: an empirical study on first year students. Journal of Counseling, Education and Society, 6(1), 1-9.

Ferrari, JR.,Johnson, JL., dan McCown, WG. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Plenum Press. NewYork: Springer Science.

Ihdalumam, A., & Rainata, W. (2024). Konseling Dengan Pendekatan Behavioral Untuk Memperbaiki Manajemen Waktu Pada Mahasiswa. Journal of Theory and Practice in Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 30–42. https://doi.org/10.33367/jtpigc.v1i1.5674.

Latuheru, G., Bension, J. B., & Tjandra, G. P. P. (2024). Hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa baru di fakultas kedokteran universitas pattimura. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 2826–2833.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868.

Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Journal of Psychological Perspective, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.47679/jopp.1172019.

Praxis. (2022). Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi UKM Di Universitas Islam Sultan Agung. Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4.

Prayitno & Erman Amti. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, A. H., & Ahmad, R. (2020). Improving academic self efficacy in reducing first year student academic stress. Jurnal Neo Konseling, 2(2).

Putra, A. H., & Mudjiran, M. (2023). Mental Health Disorders in Students University as a Challenge in Higher Education Era Society 5.0. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 4(2), 73-80.

Putra, A. H., & Ardi, Z. (2024). Determinant Factors of Academic Stress: A Study of First-Year University Students in Indonesia. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 55-67.

Rengganis, Yuyun N. "Prokrastinasi Akademik (Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya." Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, vol. 7, no. 2, 2017.

Rohmatun, R. (2021). Prokrastinasi akademik dan faktor yang mempengaruhinya. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 3(November), 94–109. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/psisula/article/download/18794/6229

Solomon, L.J. & Rothblum, E.D. (2005). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates”. Journal of Counseling Psychology.Vol.31(504-510).

Taqiyah, I., & Amani, D. Z. (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Dewasa Awal ) : Tinjauan Sistematik.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0001256chr2025
10.24036/0001256chr2025

Article Metrics

Abstract View : 1 times
PDF : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Monic Sonya Aligrha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.