Hubungan Self-Regulated Learning dengan Disiplin Belajar Siswa

Wulan Oktarina(1), Dina Sukma(2*), Yarmis Syukur(3), Nilma Zola(4), Lia Mita Syahri(5),

(1) 
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(5) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan disiplin belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Batang Anai tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional, melibatkan 152 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning siswa pada umumnya berada pada kategori sedang (53,95%) dan disiplin belajar siswa pada umumnya berada pada kategori sedang (51,32%). Analisis korelasi pearson menunjukkan hubungan positif yang kuat antara kedua variabel (r = 0,766; p < 0,05). Temuan ini menujukkan bahwa semakin tinggi tingkat self-regulated learning, maka semakin tinggi pula disiplin belajar siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan perlunya peran layanan bimbingan dan konseling dalam membantu siswa meningkatkan self-regulated learning dan disiplin belajar. Layanan yang dapat diberikan antara lain meliputi  layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, dan layanan penguasaan konten.


References

Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698-710.

Andini, R. (2016). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Disiplin Belajar Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Anggraini, R, & Sukma, D. (2024). Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Masaliq, 4(3), 750-759.

Baeng, H. D. P. S., Dartiningsih, M. W., & Susanta, I. W. (2021). Pengaruh Self-Regulation (Pengaturan Diri) Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas Xi Mm1 Smk Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 12(2), 22–32.

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927.

Dewi, L. S. N., Rendra, N. T., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 427–433.

Fadhilah, H., Syahniar, S., & Asnah, M. B. (2019). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 96–99.

Gustiana, L., Daharnis, D., & Marjohan, M. (2020). Improving Discipline Analysis Of High School Students With Guidance And Counseling Approaches. International Journal Of Research In Counseling And Education, 4(01), 15–20.

Iriastuti, M. E. (2021). Layanan Informasi Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Menghadapi Praktik Kerja Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(2), 8–15.

Kristiyani, T. (2020). Self-Regulated Learning: Konsep, Implikasi Dan Tantangannya Bagi Siswa Di Indonesia. Sanata Dharma University Press.

Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery.

Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Oktariani & Pelangi, D. (2022). Hubungan Self-Regulated Learning Dan Displin Siswa Smk Pab 1 Helvetia. Journal Of Social And Economics Research, 4(2), 174–181.

Panadero, E. (2017). A Review Of Self-Regulated Learning: Six Models and Four Directions For Research. Frontiers in Psychology, 8, 422.

Prayitno & Amti, E. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling(Cetakan Ketiga). Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, A. H., Ardi, Z., & Yollanda, M. (2025). Determinants of Academic Stress of Elementary School Students in Digital Learning and the Role of Counseling. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 356-373.

Reski, N., Taufik, T., & Ifdil, I. (2017). Konsep Diri Dan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91.

Rudiansyah, I., Bakar, A., & Bustamam, N. (2024). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Disiplin Belajar Pada Siswa SMK Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Suloh, 9(2).

Sudirman, A., Mudjiran, M., & Rusdinal, R. (2015). Efektivitas Layanan Informasi Yang Mengkombinasikan Metode Ceramah, Sosiodrama, Dan Diskusi Dalam Merubah Persepsi Siswa Tentang Disiplin Belajar. Konselor, 4(1), 33–41.

Sukma, D. (2018). Rujukan Konsep Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok Karya Prayitno. Jurnal Konselor.

Syukur, Y., & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Malang: IRDH Book Publisher.

Yendi, F. M., Firman, F., Syukur, Y., Ifdil, I., & Putra, A. H. (2025). Academic Self-Efficacy and Aspiration Goals Among Muslim High School Students: The Role of Problem-Solving and Self-Awareness. Islamic Guidance and Counseling Journal, 8(2).

Yulianti, P., Sano, A., & Ifdil, I. (2016). Self-Regulated Learning Siswa Dilihat Dari Hasil Belajar. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 98–102.

Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35–44.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zimmerman, B. J, & Schunk, D. H. (1989). Self-Regulated Learning And Academic Achievement : Theory, Research, And Practice. New York: Springer- Verlag.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0001258chr2025
10.24036/0001258chr2025

Article Metrics

Abstract View : 2 times
PDF : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wulan Oktarina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.