Gambaran Perilaku Konsumtif Siswa SLTA Pengguna TikTok
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan perilaku konsumtif siswa SLTA pengguna TikTok. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian melibatkan 282 siswa yang dipilih dengan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala perilaku konsumtif berbasis teori Lina & Rosyid (1997) yang meliputi pembelian impulsif, pembelian berlebihan, dan pembelian tidak rasional, dengan reliabilitas Cronbach’s Alpha = 0,951. Hasil menunjukkan bahwa perilaku konsumtif secara keseluruhan berada pada kategori sedang (51,77%), dengan 28,36% siswa memiliki tingkat pembelian impulsif tinggi–sangat tinggi dan 29,41% menunjukkan pembelian tidak rasional tinggi–sangat tinggi. Temuan ini mengindikasikan perlunya intervensi edukatif dari guru bimbingan dan konseling untuk mendorong kebiasaan konsumsi yang lebih bijak di kalangan siswa.
References
Abdul Fattah, Mintasih Indriayu, Sunarto. (2018) Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar. Bise: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi 4(1): 11–21.
Adhiatma, H. M., & Husna, M. (2023). Analisis Dampak Konformitas bagi Perilaku Konsumtif Remaja Masa Kini. Jurnal Flourishing, 3(12), 512–517.
Ayub, M. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1).
Cahyono, Anang Sugeng. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publicianan, 09(01).
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Media Promosi Industri Kuliner di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71.
Farha, U. M., Salsabila, W. N., & Kusuma, Y. R. (2024). Pengaruh Intensitas Penggunaan TikTok Terhdap Perilaku Implusive Buying Pada Mahasiswa Di Kota Malang. SOUL: Jurnal Ilmiah Psikologi, 16(2), 172-180.
Hanifaturrohmah, Z., & Widyarto, W. G. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek. Anterior Jurnal, 21(2), 101–113.
Khansa, S. D., & Putri, K. Y. S. (2022). Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Gaya Hidup Remaja. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 133-141.
Lina, L., & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putri. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2(4), 5-14.
Muthiah, F. (2021). Peran Social Networking Sites dalam meningkatkan Stakeholder Engagement: A Literature Review. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 86–104.
Novita, D., Herwanto, A., Mayndarto, E. C., Maulana, M. A., & Hanifah, H. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2543-2550.
Pratiwi, A., dkk. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melalui Pembelian Tidak Rasional di Media Sosial. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 1-10.
Purba, P. J., Yuhdi, A., Tarigan, F. M. B., Ningsih, W. D., Silaen, Y., & Sagala, V. M. (2024). Perilaku Konsumtif terhadap Belanja Online pada Pelajar di SMAS Arrahman Medan. Journal of Education Research, 5(4), 5676-5683.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Ks, 3(1).
Riofita, H. (2024). Penggunaan Live Streaming TikTok dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Inovasi Ekonomi dan Bisnis, 6(2).
Rohmah, F. T., Silviahana, F., Titasyfa, A., Ibrahim, Z., & Hidayat, W. (2024). Pengaruh Gaya Hidup dan Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Remaja. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 1199-1210.
Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulse Buying Behaviour. Journal of Consumer Research, 22.
Saragih, F. I., & Lestari, D. (2022). Pengaruh Adanya Paylater Di Kalangan Remaja Di Sumatera Utara. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(4), 190-198.
Silvya, M. R., Sandri, R., & Sera, D. C. (2023). Perilaku Konsumtif pada Remaja Pengguna Tiktok Shop ditinjau dari Kelekatan Teman Sebaya. In Jurnal Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 7, No. 1, pp. 4067-4075).
Sumartono. (2002). Perilaku Konsumtif: Sebuah Kajian Psikologis. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suryani, D., Kudus, W. A., & Setiawan, R. (2024). Perilaku Konsumsi Pada Remaja Pengguna Social Commerce Tiktok Di Kelurahan Pipitan. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 258-271.
Thamrin, H. T., & Saleh, A. A. (2021). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. KOMUNIDA, 1-12.
TikTok, Inc. (2025, 21 Februari). *TikTok*. Google Play Store. Diakses dari https://play.google.com/store/apps?hl=en.
Utara, K. L., Mariam, J., Praburangkasari, J., Cermen, D., & Mataram, S. K. (2022). Pengaruh Tayangan Konten Racun Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Di Komunitas Prefix. 16(10), 7639–7646.
Wahyudi, R. A. & Rochamwati. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumtif Siswa Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntasi (JPAK), 8 (2), 52-62.
Wahyuni, R., Irfani, H., Syahrina, I. A., & Mariana, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3),548.
Wibawa, N. I., & Basuni, A. (2022). Pengaruh Terpaan Konten Video#Racunshopee Di Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif: Studi Kausalitas Pengaruh Terpaan Konten Video# racunshopee di TikTok terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja SMAN 1 Subang. Jo urnalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 4(1).
Widyaningrum, P. W. (2016) . Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 2(2), 230.
DOI: 10.24036/0001290chr2025
Article Metrics
Abstract View : 18 timesPDF : 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Putri Zahira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.