Analisis Kecenderungan Mengikuti Layanan Konseling Online pada Mahasiswa yang Mengalami Stres Akademik

Hasnatul Nadia(1*), Zadrian Ardi(2), Frischa Meivilona Yendi(3), Soeci Izzati Adlya(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Stres akademik merupakan fenomena umum yang dialami oleh mahasiswa, terutama mereka yang berada di tingkat akhir perkuliahan. Tekanan menyelesaikan tugas akhir, ekspektasi lingkungan, serta kekhawatiran terhadap masa depan menjadi pemicu utama stres. Di tengah kondisi tersebut, layanan konseling online hadir sebagai solusi alternatif yang menjanjikan, namun tingkat pemanfaatannya masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengubah kecenderungan mahasiswa Universitas Negeri Padang dalam menggunakan layanan konseling online untuk mengatasi stres akademik, dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) menurut Wicaksono (2020) yang mencakup lima aspek: persepsi kegunaan , persepsi kemudahan penggunaan , sikap terhadap penggunaan , niat perilaku untuk menggunakan , dan penggunaan sistem aktual . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 200 siswa tingkat akhir yang dipilih melalui teknik purposive sampling . Data dikumpulkan melalui angket Skala Likert dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator TAM berada pada kategori tinggi, dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 94,24 (72,49%). Meskipun demikian, terdapat kesenjangan antara niat dan penggunaan aktual layanan konseling online . Temuan ini menegaskan bahwa TAM merupakan model yang relevan dalam menjelaskan penerimaan teknologi pada konteks kesehatan mental mahasiswa, serta menjadi dasar bagi strategi pengembangan peningkatan literasi digital psikologi di lingkungan perguruan tinggi.

Kata Kunci: Konseling Online, Stres Akademik, Teknologi, Model Penerimaan, Mahasiswa


References

Amellia, Riska Azza, Nina P Fitriani, Titik Larasati, and Christiney Permata T Yaspis. 2023. “Ketakutan Mendapat Bantuan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Mengalami Stress Belajar.” Parade Riset Mahasiswa 1 (1): 107–20.

Ardi, Zadrian, Frischa Meivilona Yendi, and Ifdil Ifdil. 2013. “Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 1 (1): 1–5

Ardi, Zadrian. 2022. Kesehatan Mental Dalam Persfektif Psikologi Positif. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Barseli, Mufadhal, Ifdil Ifdil, and Nikmarijal Nikmarijal. 2017. “Konsep Stres Akademik Siswa.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 5 (3): 143–48.

Danu, Afrona E. L. Takaeb, and Sarci Magdalena Toy. 2024. “Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Kesehatan Masyarakat UNDANA.” SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat 3 (3): 408–16.

Daulay, Nurussakinah, Ade Chita Putri, and M. Harwansyah Putra Sinaga. 2022. Panduan Praktis Konseling Online Bagi Konselor.

Dodowor, Brigitia. 2024. “Analisis Penerimaan Pengguna Bimbingan Online Berbasis Website Terhadap Mahasiswa Uajy Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam).” 15 (1): 37–48.

Ifdil & Ardi, Zadrian. 2013. “Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E- Konseling” 1: 15–21.

Junaedi, Fajar Mukti Hidayat, Muhammad Rizqi I. Wiseto P. Agung. 2021. “Starup Pada Arspira e Counseling” XII (2): 48–58.

Mansyur, Anaway Irianti, Aip Badrujaman, Rochimah Imawati, and Dini Nur Fadhillah. 2020. “Konseling Online Sebagai Upaya Menangani Masalah Perundungan Di Kalangan Anak Muda.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 29 (2): 140–54

Muslim, M. 2020. “Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19.,” no. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis,: 23(2), 192–201.

Nabila, N. 2024. “Analisis Penerimaan Teknologi Layanan Konseling Online Pada Generasi Z Di Provinsi Jawa Barat Menggunakan Model Penerimaan Tam Dalam Bentuk Buku Karya Ilmiah.”

Rahmawati Hamzah &B, Hamzah, 2020. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika.”

Safitri, R. 2021. Analisis Penerapan Tam (Technologyacceptancemodel) Terhadap Penggunaan App Inventor 2 Padamahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Pharmacognosy Magazine. Vol. 75.

Wicaksono, Soetam Rizky. 2022. Teori Dasar Technology Acceptance Model. Malang: CV. Seribu Bintang.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0001294chr2025
10.24036/0001294chr2025

Article Metrics

Abstract View : 11 times
PDF : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hasnatul Nadia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.