Hubungan Persepsi Siswa tentang Disiplin dengan Perilaku Membolos

Layla Hadi Khaswita(1*), Zadrian Ardi(2), Frischa Meivilona Yendi(3), Rahmi Dwi Febriani(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Perilaku membolos merupakan salah satu bentuk pelanggaran tata tertib sekolah yang berdampak negatif pada proses belajar, prestasi akademik, dan pembentukan karakter siswa. Fenomena ini masih banyak ditemukan di berbagai sekolah, termasuk di SMPN 4 Lubuk Alung, sehingga memerlukan kajian mendalam untuk menemukan faktor-faktor yang berpengaruh. Salah satu faktor yang diperkirakan berkaitan adalah persepsi siswa terhadap penerapan disiplin sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi siswa tentang disiplin dengan perilaku membolos. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan uji Pearson. Sampel penelitian terdiri atas 203 siswa SMPN 4 Lubuk Alung yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian meliputi skala persepsi disiplin dan skala perilaku membolos. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 31.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara persepsi siswa tentang disiplin dengan perilaku membolos berada pada kategori sedang, dengan arah hubungan negatif yang signifikan (r = –0,581; p < 0,001). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin positif persepsi siswa terhadap disiplin, semakin rendah kecenderungan mereka untuk membolos. Implikasi penelitian ini menunjukkan perlunya pihak sekolah dan guru bimbingan dan konseling memperkuat program pelatihan disiplin yang melibatkan partisipasi aktif siswa, sehingga persepsi positif terhadap tata tertib dapat terbentuk dan perilaku membolos dapat diminimalkan.


References

Ahmad. (2019). Pengendalian Perilaku Membolos Peserta Didik melalui Layanan Konseling Behavioristik. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 01(2), 21–30.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmi, B., Fatmasari, R., & Jacobs, H. (2024). Motivasi, Disiplin, Lingkungan Sekolah: Kunci Prestasi Belajar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 323–333. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.654.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faijin, Sarbudin, Nurhayati, & Muhamadiah. (2023). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Membolos pada Peserta Didik dan Upaya Penanganannya. Guiding World Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 06(1), 73–88. https://doi.org/1033627.

Fujiyanti, A., & Ardi, Z. (2024). Hubungan Kontrol Diri dan Disiplin Belajar Siswa : Implikasi untuk Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 08(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/4.181179.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Idris, E. B., & Syukur, Y. (2020). Truancy Behavior Student in terms of Factors Causing and Teacher’s Efforts to Overcome Them. Jurnal Neo Konseling, 03(1), 90–96. https://doi.org/10.24036.

Indriyani, A., & Putri, D. R. (2024). Hubungan Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dengan Sikap Disiplin Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 04(1), 29–38. https://doi.org/10.55606.

Marhain, S. S., Winata, I. K., & Wati, K. A. T. (2021). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Token Economy untuk Meminimalisir Perilaku Membolos Siswa Kelas IX F SMP Negeri 3 Melaya. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 91–109.

Mukhyi, A. (2023). Metodologi Penelitian Panduan Praktis Penelitian Yang Efektif. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Musbikin, I. (2020). Mengatasi Kenakalan Siswa Remaja. Riau: Zanafa Publishing.

Permatasari, B. I., & Sari, T. H. N. I. (2022). Pengaruh Persepsi Kedisiplinan Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 136–142. https://doi.org/10.36277/defermat.v5i2.275.

Priandini, D. N., Nawawi, K., & Alfaien, N. I. (2024). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Membolos Siswa Kelas 7 SMP PGRI 6 Bogor. Journal Islamic Guidance and Counseling, 04(2), 281–286. https://doi.org/10.51192.

Putri, M. S., Daharnis, & Zikra. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/02017616441-0-00.

Putri, V. N., Ifdil, Yusri, & Yendi, F. M. (2020). Profil Kebermaknaan Hidup Siswa Membolos Pendahuluan. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.24036.

Reid, K. (1999). Truancy and Schools. In Truancy and Schools. New York: Routledge, Taylor and Francis Group. https://doi.org/10.4324/9780203255834.

Reid, K. (2002). Truancy Short and Long-Term Solution. New York: Taylor dan Prancis Group.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rintoga, Y. S., & Fauzan, M. N. (2023). Kajian Literatur Penilaian Kedisiplinan Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1383–1389. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.6848.

Rivai, A. A., Dayakisni, T., & Saraswati, P. (2018). Hubungan Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dengan Sikap Disiplin Siswa di MTsN 3 Banjarmasin. Psikovidya, 22(1), 18–43.

Santoso, M. Q., Kusuma, S. T., & Nurani, G. A. (2021). Perilaku Membolos di Sekolah terhadap Performa Belajar Pada Siswa. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 07(1), 63–68.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi (Ke-5). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Persepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas terhadap Pendidikan Lanjutan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 70–77. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.81.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Way, S. M. (2011). School Discipline and Disruptive Classroom Behavior: The Moderating Effects of Student Perceptions. The Sociological Quarterly, 52(3), 346–375.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0001300chr2025
10.24036/0001300chr2025

Article Metrics

Abstract View : 15 times
PDF : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Layla Hadi Khaswita, Zadrian Ardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.