Faktor Penyebab Kejenuhan Mahasiswa Menyusun Skripsi dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi merupakan individu yang rentan mengalami kejenuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan faktor penyebab timbulnya kejenuhan mahasiswa dalam menyusun skripsi pada mahasiswa tingkat akhir jurusan bimbingan dan konseling di Universitas Negeri Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kejenuhan mahasiswa akhir departemen bimbingan dan konseling dalam menyelesaikan skripsi berada pada kategori sangat tinggi, hal ini mendeskripsikan bahwa rata-rata angkatan 2018 dan angkatan 2019 cenderung mudah jenuh dalam mengerjakan skripsinya. Penelitian ini menghadirkan pendekatan baru dalam mengkaji burnout pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, dengan fokus pada 3 aspek yaitu mental, fisik dan emosi. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang lebih banyak menekankan aspek emosional semata, serta tidak seperti penelitian terdahulu yang dominan dilakukan pada mahasiswa kedokteran atau jurusan sains, penelitian ini mengkaji tingkat burnout pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Diperlukan penyelenggaraan layanan konseling kelompok untuk mengentaskan kondisi jenuh pada mahasiswa.
References
Aini, A. N., Lestari, S. P., & Apriliyanti, R. (2024). Hubungan Beban Tugas, Kontrol Diri, Dan Komunitas Terhadap Burnout Academic Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 12(1), 49-60.
Alimah, S., & Swasti, K. G. (2018). Gambaran burnout pada mahasiswa keperawatan di purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130-141.
Alsaad, A., Alkhalaf, A. B., Alali, K. M., Alibrahim, J. H., Almahdi, I. S., & Ali Alsaad, C. (2021). Burnout prevalence and associated risk factors among KFU students, Alhasa, Saudi Arabia. Med. Sci, 25(107), 146-156.
Andini, M. A. (2024). Academic Burnout Pada Mahasiswa Pekerja: Peranan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial. JIWA: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(1).
Anggraini Putri Wirdayanti, N. (2023). Fenomena Stres Akademik Dan Academic Burnout Pada Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi Angkatan 2019. UNIVERSITAS JAMBI.
da Silva, R. M., Goulart, C. T., Lopes, L. F. D., Serrano, P. M., Costa, A. L. S., & de Azevedo Guido, L. (2014). Hardy personality and burnout syndrome among nursing students in three Brazilian universities—an analytic study. BMC nursing, 13(1), 9.
Farkhah, S. B. (2022). Pengaruh academic burnout terhadap prokrastinasi akademik dalam menyusun skripsi pada mahasiswa. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(01), 47-57.
Febriani, R. D., Triyono, T., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors affecting student’s burnout in online learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32-38.
Freudenberger, H. J., & Richelson, G. (1980). Burn out: the high cost of success-and how to cope with it: Arrow.
Hasbillah, M. S. R., & Rahmasari, D. (2022). Burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 122-132.
Hastuti, R., & Arumsari, A. (2016). The Influence of Five-Finger Hypnotic Therapy to Reduce Anxiety in Students Who Are Preparing an Essay. Motorik Journal Of Health Science, 10, 21.
Hederich-Martínez, C., & Caballero-Domínguez, C. C. (2016). Validación del cuestionario Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) en contexto académico colombiano. CES Psicología, 9(1), 1-15.
Izzati, R., & Nastiti, D. (2022). Academic procrastination for students of the Faculty of Psychology and Educational Sciences (FPIP) at the University. Indonesian Journal of Education Methods Development, 17(3), 10.21070/ijemd. v21019i. 21659-21010.21070/ijemd. v21019i. 21659.
Jagodics, B., & Szabó, É. (2023). Student Burnout in Higher Education: A Demand-Resource Model Approach. Trends in Psychology, 31(4), 757-776.
Kusuma, T., & Afdal, A. (2020). Difference in Burnout Conditions for Male and Female Employees of Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Jurnal Neo Konseling, 2(2).
Laksono, R. D., Nurjanah, N., Sukmawati, F., Junizar, J., & Judijanto, L. (2024). Pengantar Psikologi Umum: PT. Green Pustaka Indonesia.
Muqodas, I., Kartadinata, S., Nurihsan, J., Dahlan, T., Yusuf, S., & Imaddudin, A. (2020). Psychological well-being: A preliminary study of guidance and counseling services development of preservice teachers in Indonesia. Paper presented at the International Conference on Educational Psychology and Pedagogy-" Diversity in Education"(ICEPP 2019).
Neviyarni, N., Andriani, I., & Ahmad, R. (2018). Academic stress level guidance and counseling students at Universitas Negeri Padang. Konselor, 7(2), 55-62.
Noviana, R., Suzanna, E., & Muna, Z. (2023). Gambaran Resiliensi Akademik Pada Mahasisiwa Psikologi Universitas Malikussaleh Yang Sedang Menyusun Skripsi. INSIGHT: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(3), 446-467.
Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119-130.
Pasaribu, M. X. N., & Syofii, I. (2016). Analisis kesulitan penyelesaian tugas akhir skripsi pada mahasiswa program studi pendidikan teknik mesin universitas sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(1), 24-28.
Putra, L. M. (2019). Transparansi Kegiatan Monitoring Pelaksanaan Bimbingan Skripsi dengan Sistem AT-MOGI. Techno. com, 18(1).
Putri, D. K. S. (2013). Pengalaman menyelesaikan skripsi: studi fenomenologis pada mahasiswa psikologi universitas negeri surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2).
Redityani, N., & Susilawati, L. (2021). Peran resiliensi dan dukungan sosial terhadap burnout pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1), 86-94.
Roellyana, S., & Listiyandini, R. (2016). The role of optimism and resilience in final-year students working on their thesis. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 29-37.
Sahputra, D., Fawri, A., Rapono, M., Asyfa, A., & Putra, A. M. (2025). Konseling Kesehatan Mental bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi: Prokreatif Media.
Sandra Dara Purnomo, S. (2021). Pengaruh Terapi Slow Deep Breathing Dengan Aromaterapi Peppermint Terhadap Sindrom Burnout Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Universitas Kusuma Husada Surakarta. Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Schaufeli, W. B., Martinez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Bakker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students: A cross-national study. Journal of cross-cultural psychology, 33(5), 464-481.
Seibert, G. S., May, R. W., Fitzgerald, M. C., & Fincham, F. D. (2016). Understanding school burnout: Does self-control matter? Learning and Individual Differences, 49, 120-127.
Sugiyono, P. (2010). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Usraleli, U., Melly, M., & Deliana, R. (2020). Hubungan strategi koping dengan tingkat stres mahasiswa poltekkes kemenkes riau yang menyusun skripsi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 967-970.
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Wasis: jurnal ilmiah pendidikan, 1(1), 14-18.
DOI: 10.24036/0001304chr2025
Article Metrics
Abstract View : 1 timesPDF : 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Oksa Eka Putri, Neviyarni Neviyarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.