Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Membolos
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Perilaku membolos merupakan bentuk pelanggaran tata tertib sekolah yang berdampak buruk pada proses belajar, hasil akademik, serta pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku membolos pada siswa SMPN 4 Lubuk Alung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 203 siswa kelas VII dan XI yang dipilih melalui teknik stratified ramdom sampling, serta data dianalisis menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku membolos pada kategori rendah (? = 0,369; p < 0,000), yang berarti semakin tinggi tingkat konformitas siswa terhadap teman sebaya, semakin besar kecenderungan mereka untuk membolos. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya peran sekolah dan guru bimbingan konseling dalam mengarahkan pengaruh teman sebaya ke arah positif melalui kegiatan kelompok, pembinaan karakter, serta penguatan solidaritas yang sehat, guna membentuk konformitas teman sebaya positif yang dapat meminimalkan perilaku membolos.
References
Adriel, Y., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XII SMK Teuku Umar Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 271–276.
Ahmad, A. (2019). Pengendalian Perilaku Membolos Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Behavioristik. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 21–30.
Anggriani, T., Handayan, A., & Lestari, F. W. (2024). Faktor Penyebab Perilaku Siswa Membolos Saat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Kelas X Mipa Di Sma Negeri 3 Pati. Educational of Indonesian Journal, 1(01), 18–27.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azmi, R. D., Elvika, R. R., & Illahi, R. (2023). Hubungan Persepsi pada Mata Pelajaran Matematika terhadap Konformitas Perilaku Membolos Siswa SMK. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 4(1), 42–53.
Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial, Jilid 2, Edisi ke-10. Jakarta: Erlangga.
Dwita, S. M., Kamal, M., Afrinaldi, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Prilaku Membolos Siswa di SMA Negeri 2 Kec. Bukik Barisan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8394–8408.
Fardani, A. (2015). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Membolos Pada Siswa Smp. Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Psikologi, Universitas Brawijaya.
Febriani, R. D., & Triyono, T. (2018). Faktor penghambat pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling oleh guru bimbingan dan konseling. Jurnal Counseling Care, 2(1), 21–27.
Fransisca, H. N. (2009). Perbedaan Konformitas Terhadap Prilaku Membolos Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Siswa SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Malang.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Edisi Ke-5. Jakarta: Erlangga.
Husna, N., Ruaidah, R., & Zulhendri, Z. (2023). Pengaruh teman sebaya terhadap psikososial remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(2), 146–152.
Idris, E. B., & Syukur, Y. (2020). Truancy Behavior Student in terms of Factors Causing and Teacher’s Efforts to Overcome Them. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 90–96.
Januardi, P. (2017). Pengaruh Konformitas dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Membolos untuk Bermain Game Online. Jurnal Psikoborneo, 5(3), 492–500.
Kamilah, F., & Ardi, Z. (2024). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Disiplin Belajar Siswa Berlatar Belakang Budaya Minangkabau SMPN 1 2X11 Enam Lingkung. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(4), 1985–1996.
Leswidyanti, J. S., Abdullah, M. N. A., & Mujayapura, M. R. R. (2025). Mencari Jati Diri: Peran Peer Group Dalam Membentuk Identitas Remaja. SABANA: Jurnal Sosiologi, Antropologi, Dan Budaya Nusantara, 4(1), 164–170.
Marhain, S. S., Winata, I. K., & Wati, K. A. T. (2021). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Token Economy Untuk Meminimalisir Perilaku Membolos Siswa Kelas IX F Smp Negeri 3 Melaya. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 91–109.
Prameswari, F. E., Ratnawati, V., & Puspitarini, I. Y. D. (2025). Krisis Membolos Siswa dan Rendahnya Self Control di Lingkungan Teman Sebaya. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 919–925.
Priandini, D. N., Nawawi, K., & Alfaien, N. I. (2024). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Membolos Siswa Kelas 7 SMP PGRI 6 Bogor. CONS-IEDU, 4(2), 281–286.
Purnamasari, W., & Muis, T. (2018). Studi Kasus Tentang Perilaku Membolos Siswa di SMA Negeri 1 Plumpang Tuban. Jurnal BK Unesa, 9(1), 23–30.
Putra, A. H., & Hariko, R. (2023). Studi Deskriptif Kebahagiaan pada Mahasiswa Baru. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 8(2), 57-62.
Putri, A. A., Zahri, T. N., Taufik, T., Sari, A. K., & Putra, A. H. (2025). Hubungan Father Involvement dengan Kontrol Diri Siswa Madrasah Tsanawiyah. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 9(2), 449-457.
Putri, L. R., Deliana, S. M., & Rizki, B. M. (2017). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Membolos Pada Remaja SMKN 10 Semarang. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(2), 101–114.
Putri, M. S., Daharnis, D., & Zikra, Z. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 6(1), 1–5.
Putri, V. N., Ifdil, I., Yusri, Y., & Yendi, F. M. (2020). Profil kebermaknaan hidup siswa membolos. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2), 126–135.
Reid, K. (1999). Truancty And Schools. London & New York: Routledge.
Reid, K. (2002). Truancy Short and Long-Term Solution (Vol. 7, Issue 2). New York: Taylor dan Prancis Group.
Santoso, M. Q., Kusuma, S. T., & Nurani, G. A. (2023). Perilaku membolos di sekolah terhadap performa belajar pada siswa. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 7(1), 63–68.
Sari, S. M., Chikita, D., Nurmal, I., & Wahyudi, E. (2023). Pengaruh Hubungan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Identitas Diri Remaja Di Pesantren Darusalam Kepahiang. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(6), 2931–2935.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulhan, N. A. A. (2024). Periodisasi Perkembangan Anak Pada Masa Remaja: Tinjauan Psikologi. Behavior, 1(1), 9–36.
Syukur, Y., Zahri, T. N., & Putra, A. H. (2023). Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. RajaGrafindo Persada.
DOI: 10.24036/0001315chr2025
Article Metrics
Abstract View : 5 timesPDF : 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wulan Sephia Marwinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





