Hubungan Persepsi Siswa tentang Pendidikan dengan Perilaku Membolos
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena membolos yang masih terjadi di kalangan siswa SMP. Salah satu faktor yang diduga berkaitan adalah persepsi siswa terhadap pendidikan. Penerlitian ini bertujuan menganalisis hubungan persepsi siswa tentang pendidikan dan perilaku membolos pada siswa SMP Negeri 4 Lubuk Alung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan uji Pearson. Sampel sebanyak 203 siswa SMP Negeri 4 Lubuk Alung dipilih secara stratified random sampling. Instrumen berupa kuesioner persepsi tentang pendidikan dan kuesioner perilaku membolos. Hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara persepsi siswa tentang pendidikan dengan perilaku membolos berada pada kategori sedang, dengan arah hubungan negatif yang signifikan (r=–0,786; p < 0,001). Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama dalam pengembangan program psikoedukasi konseling preventif menumbuhkan persepsi positif siswa terhadap pendidikan.
References
Ardi, Z., & Yendi, F. M. (2013). Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Konselor, 2(1), 221–228.
Ardi, Z., Jasril, I. R., Guspa, A., Yendi, F. M., & Putra, A. H. (2025). Pelatihan Mindfulness Based Cognitive Therapy bagi Guru Bimbingan dan Konseling untuk Mereduksi Kecanduan Judi Online dan Agresivitas Remaja. Counseling and Humanities Review, 5(2), 1-8.
Aziz, R. (2022). Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Melalui Konseling Individual dengan Pendekatan Behavioral. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 25(1): 45–55.
Febriani, R. D., & Triyono, T. (2018). Persepsi peserta didik sekolah menengah atas terhadap pendidikan lanjutan. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 70–77.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hakim, I. N., & Lestari, Y. D. (2022). Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Lingkungan Sekolah dengan Perilaku Membolos. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (JP2B), 1(1), 47-56.
Marhain, I., Winata, & Wati, S. (2021). Perilaku Membolos Siswa SMPN 3 Melaya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3): 211–220.
Muis, A. (2018). Psikologi Pendidikan. Makassar: CV Sah Media.
Mukhyi, A. (2023). Metodologi Penelitian Panduan Praktis Penelitian Yang Efektif. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Panji, J. (2017). Persepsi Siswa tentang Pendidikan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Membolos pada Siswa SMP di Samarinda. Jurnal Pendidikan, 5(2): 45–54.
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Priandini, A., Nawawi, M., & Afaien, R. (2024). Perilaku membolos siswa di SMP PGRI 6 Bogor. Bogor: SMP PGRI 6 Bogor.
Putri, V. N., Ifdil, Yusri, & Yendi, F. M. (2020). Profil Kebermaknaan Hidup Siswa Membolos Pendahuluan. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.24036.
Rahmi, A. (2012). Konsep Diri, Motivasi Belajar Siswa Membolos dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Tesis. Padang: Universitas Negeri Padang.
Reid, K. 1999. Truancy and School Absenteeism. London: Routledge.
Robbins, S. P. (2013). Organizational Behavior. Edisi ke-15. New Jersey: Pearson Education.
Sabbi, H. (2024). Hubungan Persepsi Siswa tentang Pendidikan dengan Perilaku Membolos. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1): 101–110.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi (Ke-5). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhendra, M., Neviyarni, & Ahmad, R. (2017). Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Regulasi Diri Siswa Membolos serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 6(4): 139–146.
Susanti, S., Nuraini, & Widodo, S. (2021). Persepsi tentang Pendidikan dan Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 9(2): 87–96.
Sutrisnohadi. (1983). Analisis statistik. Yayasan Penerbit Gadjah Mada.
Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Yusuf, A. M. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: 10.24036/0001323chr2025
Article Metrics
Abstract View : 63 timesPDF : 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nadiva Khumairah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





