Resiliensi Pada Mahasiswa Rantau Ditinjau dari Self-Compassion
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(5) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada mahasiswa rantau menghadapi beragam tantangan, mulai dari tekanan akademik, penyesuaian budaya, hingga kesepian akibat jauh dari keluarga, yang dapat mempengaruhi kesejahteraan psikologis. Kondisi ini menuntut adanya kemampuan resiliensi agar mampu bangkit dari kesulitan, serta self-compassion sebagai faktor yang berperan dalam meningkatkan kemampuan resiliensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan antara tingkat resiliensi berdasarkan self-compassion (tinggi, sedang, rendah) pada mahasiswa rantau. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang yang berjumlah 1.623 mahasiswa, dengan sampel sebanyak 321 mahasiswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket Resiliensi dan angket Self-Compassion yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan analisis data menggunakan uji beda (One Way Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan (F= 64.204, p < 0,000). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara resiliensi ditinjau dari self-compassion. Temuan ini menegaskan bahwa self-compassion berperan penting dalam meningkatkan resiliensi mahasiswa rantau, sehingga pengembangan sikap penuh kasih pada diri sendiri dapat dijadikan strategi dalam menghadapi berbagai tantangan akademik maupun personal.
References
Al Fikhri, M., Ifdil, I., Yendi, F. M., Adlya, S. I., & Putra, A. H. (2025). The Paradox of Academic Stress in the Digital Age: A Comparative Analysis of Academic Social Comparison and Digital Self-Regulation in University Students. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 6(02), 19-30.
Apriyadi, A., & Hartati, M. T. S. (2015). Pengaruh Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Terhadap Resiliensi Siswa SMK Nusaputera Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(2).
Arnaldy, A. A., Syukur, Y., & Nirwana, H. (2020). How About The Resilience of Students Who Have Mothers as Victims of Domestic Violence? Journal of Counseling, Education and Society, 1(1), 17–24.
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Bluth, K., Mullarkey, M., & Lathren, C. (2018). Self-compassion: A potential path to adolescent resilience and positive exploration. Journal of Child and Family Studies, 27(9), 3037–3047.
Fachrial, L. A., & Herdiningtyas, K. (2023). Pengaruh Self Compassion Terhadap Resiliensi Pada Remaja Yang Memiliki Orang Tua Tunggal. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 2(3), 25–31.
Faozi, N. M. (2020). Meningkatkan Resiliensi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(02), 13–18.
Fitri, H. U., & Kushendar, K. (2019). Konseling kelompok cognitive restructuring untuk meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2), 67–74.
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-compassion dan regulasi emosi pada remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148–156.
Hediati, H. D. (2020). Perilaku Adaptif Mahasiswa Rantau Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga.)
Henny, S. M., & Yendi, F. M. (2021). Self-compassion of adolescent based of gender. Journal of Health, Nursing and Society, 1(2), 38–43.
Holaday, M., & McPhearson, R. W. (1997). Resilience and severe burns. Journal of Counseling & Development, 75(5), 346–356.
Hutapea, E. (2006). Gambaran resiliensi pada mahasiswa perantau tahun pertama perguruan tinggi di asrama UI (menggunakan resilience scale). Skripsi. Depok: Fakultas Psikologi UI.
Karinda, F. B. (2020). Belas kasih diri (self compassion) pada mahasiswa. Cognicia, 8(2), 234–252.
Lestari, S. P., Annisa, I., & Aini, D. K. (2024). Analisis Self-Compassion pada Mahasiswa Rantau Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(8), 136–148.
Mirza, R., Hutagalung, M. U., Silalahi, L., Petrisely, W., Elvinawanty, R., & Hafni, M. (2024). Resiliensi Ditinjau Dari Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Perantauan. Jurnal Diversita, 10(1), 143–155.
Musfirah. (2020). Resiliensi Mahasiswa Kampus V Parepare UNM (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa PGSD Kampus Parepare UNM). JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 156–164.
Nadlyfah, A. K., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara pengungkapan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa rantau di semarang. Jurnal Empati, 7(1), 136–144.
Neff, K. (2003). Self-compassion: An alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself. Self and Identity, 2(2), 85–101.
Polla, R. R., Nur, R. M., & Nurfadhillah, A. (2023). Gambaran Self-Compassion pada Mahasiswa yang Sambil Bekerja. In Search (Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism), 22(2), 550–561.
Prihartono, M. N., Sutini, T., & Widianti, E. (2018). Gambaran resiliensi mahasiswa tahun pertama program 2016 Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan BSI, 6(1).
Putra, A. H. (2022). Bimbingan dan konseling di perguruan tinggi pada era society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(1), 128-136.
Putra, A. H., & Fauziah, F. (2022). Guidance and counseling in universities to support merdeka campus program. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 9(2), 141-148.
Putra, A. H., & Hariko, R. (2023). Studi Deskriptif Kebahagiaan pada Mahasiswa Baru. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 8(2), 57-62.
Putra, A. H., & Mudjiran, M. (2023). Mental Health Disorders in Students University as a Challenge in Higher Education Era Society 5.0. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 4(2), 73-80.
Putra, A. H., & Ardi, Z. (2024). Determinant Factors of Academic Stress: A Study of First-Year University Students in Indonesia. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 55-67.
Putra, A. H., Bah, Y. M., Ibrahim, K. H., Bah, I. S., & Ardi, Z. (2025). What Predicts Hopelessness Among Muslim Final-Year Students in Indonesia? A Psychosocial Investigation. KONSELOR, 14(2), 199-216.
Putri, D. E., Mulyani, R. R., & Putri, B. N. D. (2023). Profil Resiliensi Mahasiswa Broken Home (Studi pada Mahasiswa BK Universitas PGRI Sumatera Barat). Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2), 273–290.
Rahmi, A. A., Zahri, T. N., Sukmawati, I & Putra, F. . (2025). Hubungan Father Involvement dengan Resiliensi Remaja. Jurnal Ners: Research &Learning in Nursing Science, 9(4), 5611–5616.
Reivich, K & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: 7 keys to finding your inner strength and overcoming life’s hurdles. New York: Three Rivers Press.
Sari, R. N., & Putri, D. A. (2018). Peran self-compassion terhadap kemampuan adaptasi mahasiswa tahun pertama di perantauan. Jurnal Psikologi Insight, 2(1), 45–55.
Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa sekolah tinggi kedinasan. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 59–76.
Soetjiningsih, C. H. (2024). Pola asuh otoritatif dan regulasi emosi pada remaja akhir. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 653–660.
Susanti, D., & Ifdil, I. (2023). Hubungan empati dengan altruisme mahasiswa. Education and Social Sciences Review, 4(1), 60–64.
Syukur, Y., Zahri, T. N., & Putra, A. H. (2023). Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Syukur, Y., Ardi, Z., Zahri, T. N., & Putra, A. H. (2023). Determinant factor analysis of family psychological resilience: A study of muslim university staff in Indonesia. Islamic Guidance and Counseling Journal, 6(1), 209-222.
Yendi, F. M., Firman, F., Syukur, Y., Ifdil, I., & Putra, A. H. (2025). Academic Self-Efficacy and Aspiration Goals Among Muslim High School Students: The Role of Problem-Solving and Self-Awareness. Islamic Guidance and Counseling Journal, 8(2).
Yendi, F. M., Firman, F., Syukur, Y., Victor-Aigbodion, V., Putra, F. W., Putra, A. H., & Ardi, Z. (2025). Academic resilience inventory: a psychometric study in Indonesia. Retos, 73, 826-836.
Yusuf, A. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian. Prenamedia Group.
DOI: 10.24036/0001324chr2025
Article Metrics
Abstract View : 148 timesPDF : 83 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Anisa Dwi Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





