Hubungan Antara Dukungan Orangtua dengan Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Basung
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII yang belum bisa menentukan perencanaan karier. Dukungan orangtua diyakini sebagai salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi perencanaan karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orangtua dengan perencanaan karier siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 1 Lubuk Basung. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 254 siswa yang dipilah menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen berupa kuesioner dukungan orangtua dan kuesioner perencanaan karier. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi item total, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s alpha. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai sebesar 0,906 untuk skala dukungan orangtua dan 0,902 untk skala perencanaan karir. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai r = 0,552 dengan (<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara dukungan orangtua dengan perencanaan karier siswa. Artinya semakin tinggi dukungan orangtua maka sebaik pula perencanaan karier siswa, dan sebaliknya.
References
Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus
Afdal. (2015). Model bimbingan karier kolaboratif dalam memantapkan perencanaan karier siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan, Program Studi Bimbingan dan Konseling Sekolah Pascasarjana UPI, Bandung.
Aisyah. (2023). Peran Keluarga dalam Pembentukan Karier Siswa SMA. Jurnal Psikoedukasi, 7(2), 101–110.
Arisa, R. (2023). Hubungan antara keterlibatan orangtua dengan perencanaan karir pada siswa SMK Swasta Yapim Taruna di Barumun Tengah, Padang Lawas. Skripsi, Universitas Medan Area.
Amir, H., & Taufik, A. (2024). Pendidikan Karier di Sekolah Menengah Atas: Perspektif dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(1), 55 66.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Amnia, A. D. K., Afdal, & Hariko, R. (2023). Hubungan dukungan orang tua terhadap perencanaan karir siswa SMP/MTS. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ristekdik, 8(4), 1–12.
Aminnurrohim, Ardiatna, dkk. (2014). Survei faktor-faktor penghambat perencanaan karir siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2), 45–58.
Anasti, R., Anasta, L., & Oktris, L. (2022). Sukses menyelesaikan skripsi dengan metode penelitian kuantitatif dan analisis data SPSS. Jakarta: Salemba.
Andiyaman, M., Handayani, A., & Dianasari, A. (2024). Hubungan kepercayaan diri dengan perencanaan karir siswa sekolah menengah atas (SMA). G Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 1197 1207. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4713
Buday, S. K., Stake, J. E., & Peterson, Z. D. (2011). Gender and the choice of a science career: The impact of social support and possible selves. Sex Roles, 66(3–4), 197–209. https://doi.org/10.1007/s11199-011-0015-4
Cahyono, M. D., & Khotimah, M. K. (2022). Pemberdayaan masyarakat melalui potensi wisata religi Malam Kyai Hasan Kusein di Desa Ngradu Ponogoro. Journal of Community Development and Disaster Management, 4(2). https://doi.org/10.37680/jcd.v4i2.2070
Christian, D., & Kustanti, E. (2022). Analisis Kebingungan Karier Siswa SMA di Indonesia. Youthmanual Report.
Dillard, R. (2017). Efektivitas strategi bimbingan teistik untuk pengembangan religiusitas remaja. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Fadia Syarafina, & Andriani, T. (2023). Kesiapan Karier Siswa SMA: Faktor Internal dan Eksternal. Jurnal Bimbingan Karier, 4(2), 77–85.
Febriana, Z. L., & Masyukur, A. M. (2021). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan efikasi pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sayung Demak. Jurnal Empati, 10(6), 45–57.
Ghassani, M., Ni’matuzahiroh, & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan kematangan karir siswa SMP melalui pelatihan perencanaan karir. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(2). https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5
Ginzberg, E., et al. (2011). Career Development Theory. New York: Academic Press.
Kusumawardani, N., Rahmawati, L., & Fitria, D. (2023). Keterlibatan Orangtua dalam Perencanaan Karier Siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 9(1), 23–31.
Gumelar, I. M. (2021). Hubungan antara dukungan orangtua dengan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pasawahan. Skripsi, Universitas XYZ.
Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Konseling online sebagai salah satu bentuk pelayanan e konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(1), 15–22.
Kusumawardani, E. (2023). Urgensi pelibatan orangtua untuk anak remaja. Bayfa Cendekia Indonesia.
Meilinasari, S., & Isa, M. (2024). Pengaruh dukungan orangtua, bimbingan guru, dan keterlibatan orang dewasa terhadap perencanaan karier pada siswa SMA. Determinasi: Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(3). https://doi.org/10.23917/determinasi.v2i3.258
Michael, R. K., Most, T., & Cinamon, R. G. (2013). Vocational interests and career choice of adolescents with hearing loss: Effects of gender and parental expectations. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 18(2), 204–221. https://doi.org/10.1093/deafed/ens072
Millenia, M., & Taufik, T. (2023). Hubungan locus of control dengan kematangan karier siswa hasil belajar rendah. Jurnal Neo Konseling, 5(1), 13-20.
Nurdiansyah, D., Retnowati, A. N., & Purwadisastra, D. (2025). Peran perencanaan karir dan dukungan keluarga dalam meningkatkan kematangan karir pemuda Desa Mekarwangi. Economics Professional in Action (E Profit), 7(1), 15 29. https://doi.org/10.37278/eprofit.v7i1.1234
Pujiharti, E., & Isnaini, U. (2025). Instrumen dan pengumpulan data dalam meningkatkan kualitas data pada penelitian pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1). https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/annahdliyah/article/view/81
Putra, A. H., & Iswari, M. (2022). Teori Trait and Factor: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling Karier. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 117-127.
Putri, A. E., & Yusuf, A. M. (2022). Kontribusi konsep diri dan dukungan orang tua terhadap perencanaan karier siswa. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(2), 156 161. https://doi.org/10.29210/30031466000
Rahayu, L. (2024). Psikologi Keluarga dan Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak. Bandung: Alfabeta.
Ruhansih, D. S. (2017). Efektivitas strategi bimbingan teistik untuk pengembangan religiusitas remaja: Penelitian kuasi eksperimen terhadap peserta didik kelas X SMA Nugraha Bandung tahun ajaran 2014/2015. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Santrock, J. W. (2011). Life-span development (13th ed.). New York: McGraw-Hill.
Simpson, A. (2003). Career development in adolescence. Dalam J. W. Santrock, Life-span development. McGraw-Hill.
Santrock, J. W. (2007). Life-span development (11th ed.). New York: McGraw-Hill.
Sharf, R. S. (1992). Applying career development theory to counseling. Pacific Grove, CA: Brooks/Cole.
Triyono, & Febriani, D. R. (2018). Pentingnya pemanfaatan teknologi informasi oleh guru bimbingan dan konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 45–56.
Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. (2006). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan R & D (Ed. II). Bandung: Alfabeta.
Yustiana, M., & Nurwahidin, A. (2024). Perencanaan Karier Siswa SMA dan Faktor Penentunya. Jurnal Konselor, 13(2), 88–96.
DOI: 10.24036/0001325chr2025
Article Metrics
Abstract View : 78 timesPDF : 28 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurul Akilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





