Pelaksanaan layanan informasi dengan metode blended learning dan presentation tools visme untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Ambar. (2018). 15 Manfaat dari Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi. Retrieved from Pakar Komunikasi: https://pakarkomunikasi.com/manfaat-dari-perkembangan-teknologi-komunikasi-dan-informasi
Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya : Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya, 127-150.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). Retrieved from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia: https://apjii.or.id/survei
Darmawan, A. (2016). Epidemiologi Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular. Jambi Medical Journal , 4(2), 195-202.
Direktorat Sekolah Dasar, Ditpsd Kemendikbud. (2021, Februari 21). Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital. Retrieved November 02, 2021, from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/literasi-digital-bagi-tenaga-pendidik-dan-anak-didik-di-era-digital
Dwiyogo, W. D. (2019). Pembelajaran Berbasis Blended learning. Depok: Rajagrafindo.
Esher-Alkalai, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital Era. Journal Of Education Multimedia and Hypermedia, 93-106, 13(1).
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 1-13.
Fitri, E., Neviyarni, & Ifdil. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 84-92.
Gammayani, D. A., Nabawi, I. H., & Alfatih , M. I. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Koordinasi antara Perpustakaan Nasional dengan Perpustakaan Provinsi. Record and Library Journal, 120-128, 1(2).
Hidayati, N. W. (2014). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Edukasi, 94-101.
Istiningsih, S., & Hasbullah. (2015). Blended learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 49-56.
Karneli, Y., Firman, F., & Netrawati, N. (2018). Upaya Guru BK/Konselor untuk menurunkan perilaku agresif siswa dengan menggunakan konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 113-118.
Kararina, S. D., & Suyasa, P. Y. (2005). Hubungan Persepsi Terhadap Dukungan Suami dan Penyesuaian Diri Istri pada Kehamilan Anak Pertama. Jurnal Phronesis 7 (1), 65-78.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017, Oktober). Buku Literasi Digital. Retrieved from Gerakan Literasi Nasional: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-digital/
Koltay, T. (2011). The Media and The Literacies: Media Literacy, Information Literacy, Digital Literacy. Media Culture & Society, 211-221, 33(2).
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1-11.
Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. Retrieved from https://osf.io/nd72p
Prayitno, & Amti, E. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prensky, M. (2001, October 09). Digital Natives, Digital Immigrants. Retrieved 10 18, 2021, from Marc Prensky: https://www.marcprensky.com/writing/Prensky%20-%20Digital%20Natives,%20Digital%20Immigrants%20-%20Part1.pdf
Ratnaya, I. G. (2011). Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informatika dan Komunikasi dan Cara Antisipasinya. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17-28, (8)1.
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru dalam Literasi Media. Gunahumas, 72-87, 1(1).
Rizkinaswara, L. (2020, June 03). Urgensi Literasi Digital bagi Masa Depan Ruang Digital Indonesia. Retrieved Oktober 18, 2021, from Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika: https://aptika.kominfo.go.id/2020/06/urgensi-literasi-digital-bagi-masa-depan-ruang-digital-indonesia/
Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 144-156, 5 (2).
Saefullah. (2020, November 30). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak. Retrieved from BDK Jakarta Kementerian Agama Republik Indonesia: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak
Setiawan, U. (2020, Juli 10). Kebudayaan Normal Baru. Retrieved from Berita Satu: https://www.beritasatu.com/opini/7043/kebudayaan-normal-baru
Soenarno, A. R., & Mawardi, M. K. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi dan Kredibilitas Sumber Terhadap Kegunaan Informasi dan Dampaknya pada Adopsi Informasi. Jurnal Administrasi Bisnis 25 (1), 1-8.
Syardiansyah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi Kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen Keuangan ,5(1), 440-448.
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa stkip pgri sumatera barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling 3(2), 155-164.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Visme. (2021). About Visme. Retrieved from Visme. co: https://www.visme.co/about/?utm_source=SiteFooter
Wahyudi, W. (2020, Oktober 03). Kadindik Jatim : Pendidikan Harus Berjalan dalam Situasi Apapun. Retrieved from Kominfo Jatim: http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/kadindik-jatim-pendidikan-harus-berjalan-dalam-situasi-apapun
DOI: 10.24036/00598kons2023
Article Metrics
Abstract View : 252 timesPDF : 225 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yan Guspriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.