Pelaksanaan layanan informasi dengan metode blended learning dan presentation tools visme untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik

Yan Guspriadi(1*), Neviyarni Suhaili(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Teknologi memberikan kontribusi dan manfaat besar saat dunia dalam fase pandemi, bidang pendidikan salah satu yang merasakan manfaat dari manfaat teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan pelaksanaan layanan informasi menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik yang ada pada saat masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan rancangan The Non Equivalent Control Group. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 2 Padang, menggunakan purposive sampling dan didapatkan sampel kelas XII IPA 4 dan XII IPA 6. Penelitian ini menggunakan analisis Wilcoxon Signed Rank Test, dan Wilcoxon 2 Independent Sample, didapatkan pelaksanaan layanan informasi menggunakan metode blended learning dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik. Secara khusus penggunaan media yang interaktif dalam pelaksanaan layanan memberikan peningkatan pemahaman literasi digital memberikan peningkatan pemahaman yang lebih.

Keywords

Literasi Digital, Layanan Informasi, Blended Learning

References

Ambar. (2018). 15 Manfaat dari Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi. Retrieved from Pakar Komunikasi: https://pakarkomunikasi.com/manfaat-dari-perkembangan-teknologi-komunikasi-dan-informasi

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya : Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya, 127-150.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). Retrieved from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia: https://apjii.or.id/survei

Darmawan, A. (2016). Epidemiologi Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular. Jambi Medical Journal , 4(2), 195-202.

Direktorat Sekolah Dasar, Ditpsd Kemendikbud. (2021, Februari 21). Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital. Retrieved November 02, 2021, from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/literasi-digital-bagi-tenaga-pendidik-dan-anak-didik-di-era-digital

Dwiyogo, W. D. (2019). Pembelajaran Berbasis Blended learning. Depok: Rajagrafindo.

Esher-Alkalai, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital Era. Journal Of Education Multimedia and Hypermedia, 93-106, 13(1).

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 1-13.

Fitri, E., Neviyarni, & Ifdil. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 84-92.

Gammayani, D. A., Nabawi, I. H., & Alfatih , M. I. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Koordinasi antara Perpustakaan Nasional dengan Perpustakaan Provinsi. Record and Library Journal, 120-128, 1(2).

Hidayati, N. W. (2014). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Edukasi, 94-101.

Istiningsih, S., & Hasbullah. (2015). Blended learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 49-56.

Karneli, Y., Firman, F., & Netrawati, N. (2018). Upaya Guru BK/Konselor untuk menurunkan perilaku agresif siswa dengan menggunakan konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 113-118.

Kararina, S. D., & Suyasa, P. Y. (2005). Hubungan Persepsi Terhadap Dukungan Suami dan Penyesuaian Diri Istri pada Kehamilan Anak Pertama. Jurnal Phronesis 7 (1), 65-78.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017, Oktober). Buku Literasi Digital. Retrieved from Gerakan Literasi Nasional: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-digital/

Koltay, T. (2011). The Media and The Literacies: Media Literacy, Information Literacy, Digital Literacy. Media Culture & Society, 211-221, 33(2).

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1-11.

Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. Retrieved from https://osf.io/nd72p

Prayitno, & Amti, E. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prensky, M. (2001, October 09). Digital Natives, Digital Immigrants. Retrieved 10 18, 2021, from Marc Prensky: https://www.marcprensky.com/writing/Prensky%20-%20Digital%20Natives,%20Digital%20Immigrants%20-%20Part1.pdf

Ratnaya, I. G. (2011). Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informatika dan Komunikasi dan Cara Antisipasinya. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17-28, (8)1.

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru dalam Literasi Media. Gunahumas, 72-87, 1(1).

Rizkinaswara, L. (2020, June 03). Urgensi Literasi Digital bagi Masa Depan Ruang Digital Indonesia. Retrieved Oktober 18, 2021, from Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika: https://aptika.kominfo.go.id/2020/06/urgensi-literasi-digital-bagi-masa-depan-ruang-digital-indonesia/

Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 144-156, 5 (2).

Saefullah. (2020, November 30). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak. Retrieved from BDK Jakarta Kementerian Agama Republik Indonesia: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak

Setiawan, U. (2020, Juli 10). Kebudayaan Normal Baru. Retrieved from Berita Satu: https://www.beritasatu.com/opini/7043/kebudayaan-normal-baru

Soenarno, A. R., & Mawardi, M. K. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi dan Kredibilitas Sumber Terhadap Kegunaan Informasi dan Dampaknya pada Adopsi Informasi. Jurnal Administrasi Bisnis 25 (1), 1-8.

Syardiansyah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi Kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen Keuangan ,5(1), 440-448.

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa stkip pgri sumatera barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling 3(2), 155-164.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Visme. (2021). About Visme. Retrieved from Visme. co: https://www.visme.co/about/?utm_source=SiteFooter

Wahyudi, W. (2020, Oktober 03). Kadindik Jatim : Pendidikan Harus Berjalan dalam Situasi Apapun. Retrieved from Kominfo Jatim: http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/kadindik-jatim-pendidikan-harus-berjalan-dalam-situasi-apapun


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/00598kons2023
10.24036/00598kons2023

Article Metrics

Abstract View : 213 times
PDF : 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yan Guspriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.