Perbedaan perilaku altruisme pada siswa ditinjau dari jenis kelamin

Siti Fauziah(1*), Netrawati Netrawati(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Perilaku altruisme pada siswa sudah mengalami kemunduran terhadap isu-isu yang terjadi di kehidupan sehari-hari yang salah satunya pada tingkat sekolah menengah pertama. Hal ini terlihat bahwasanya terdapat siswa di sekolah yang tidak membantu temannya ketika sedang mengalami kesusahan. Altruisme diartikan sebagai suatu pertolongan yang diberikan secara murni, tulus dan tanpa mengharapkan timbal balik atau balasan dari orang lain dan juga tidak memberikan manfaat apapun bagi dirinya sendiri. Perilaku altruisme dipengaruhi oleh beberapa faktor internal salah satunya adalah jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku altruisme ditinjau dari jenis kelamin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI MTsN 6 Kota Padang yang populasi dari penelitian berjumlah 771 siswa dan sampel sebanyak 264 siswa dengan menggunakan teknik sampel yaitu simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu independent sample t-test dengan bantuan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa MTsN 6 Kota Padang terdapat perbedaan perilaku altruisme bila ditinjau dari jenis kelamin. Dimana F = 3,108 dengan p = 0,00 < 0,05 artinya ada perbedaan perilaku altruisme siswa ditinjau dari jenis kelamin. Dimana perempuan lebih tinggi perilaku altruismenya dibandingkan laki-laki. Dari hasil penelitian ini yitu terdapat perbedaan perilaku altruisme ditinjau dari jenis kelamin di MTsN 6 Kota Padang.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/000603chr2022
10.24036/000603chr2022

Article Metrics

Abstract View : 127 times
PDF : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Fauziah, Netrawati Netrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.