Hubungan bimbingan karier dengan perencanaan karier siswa

Asdani Mahendra(1*), Yarmis Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Masalah perencanaan karier yang dihadapi siswa sendiri yaitu kurangnya motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bimbingan karier di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, bagaimana perencanaan karier siswa di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, dan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan karier dengan perencanaan karier siswa di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XII SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 221 orang. Sampel yang diterapkan dengan cara teknik simple random sampling sebanyak 142 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket bimbingan karier dan angket perencanaan karier. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) gambaran bimbingan karier siswa SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman lebih banyak pada kategori baik, (2) gambaran perencanaan karier yang disiapkan oleh siswa SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman lebih banyak pada kategori baik, (3) terdapat hubungan positif bimbingan karier dengan perencanaan karier siswa SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman sebesar 0.844 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Pearson Correlation yaitu 1.  


References

Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling terhadap Perencanaan Karier Siswa. Jurnal Fokus Konseling 1(1), hlm. 45 – 56.

Ahmad, R., & Syukur, Y. (2021). Faktor Mempengaruhi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor Memberikan Bimbingan Karier. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(1), 10-15.

Amin, Budiman. (2002). Manajemen Bimbingan Karier pada SMU di Kabupaten Bandung. Jurnal Psikolog Pendidikan dan Bimbingan.

Atmaja, T.,T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. Jurnal Psikopedagogia 3(2): 58-63.

Farida, F., Sobari, T., & Irmayanti, R. (2020). Layanan Bimbingan Karier Terhadap Perencanaan Karier Peserta Didik Di SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(5), 164-170.

Juwitaningrum, Ita. "Program bimbingan karier untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMK." psikopedagogia Jurnal Bimbingan dan Konseling 2.2 (2013): 132-147.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karier siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.

Rizka, Z., Syahniar, S., & Syukur, Y. (2017). Efektivitas Layanan Informasi dalam Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa.

Tohirin, (2007). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyanti, D., & Folastri, S. (2021). Perencanaan karier Siswa ditinjau dari jenis Kelamin. Psychocentrum Review, 3(1), 39-51.

Widiyanti, T. (2019). Layanan bimbingan karier dalam upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karier pada siswa kelas XII SMK Kesehatan Insan Mulia Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. G- Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2).

Winkel, & Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yokyakarta: Media Abadi.

Winkel, & Hastuti. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yokyakarta: Andi Offset..


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/000620chr2023
10.24036/000620chr2023

Article Metrics

Abstract View : 144 times
PDF : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asdani Mahendra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.