Upaya personil sekolah dalam mengatasi perilaku bullying siswa di SMAN 1 Lubuk Sikaping

Defa Lismana(1*), Yarmis Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Bullying adalah keinginan untuk mendominasi orang lain dan menyerang secara psikologis atau fisik terhadap individu atau kelompok yang lebih lemah. Perilaku bullying tidak boleh dibiarkan begitu saja, hal ini harus ditangani oleh pelaku dan korban. Untuk mengatasi perilaku bullying di sekolah, diperlukan adanya upaya dari pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya personel sekolah dalam mengatasi perilaku bullying siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 orang personel sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, perwakilan siswa, wali kelas, guru PPKN dan guru BK. Subyek penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara mengenai upaya personel sekolah dalam menangani perilaku bullying siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik dengan cara memverifikasi transkrip wawancara. Penelitian ini dibantu dengan perekam suara pada smartphone. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk-bentuk perilaku bullying di SMA N 1 Lubuk Sikaping yaitu bullying verbal, bullying fisik, dan bullying sosial. Upaya yang dilakukan personel sekolah dalam mengatasi perilaku bullying siswa adalah dengan menempelkan poster edukasi, memberikan edukasi pada saat kegiatan sekolah, termasuk permasalahan bullying dalam kegiatan wali kelas, teguran langsung, penanganan yang dilakukan oleh guru pembimbing dan kerjasama dengan pihak luar.

References

Amiirohana, Mayasari. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Pendidikan. 4(III).

Amelia, S. H., & Taufik. (2021). Relationship of Self Efficacy With Self Regulated Learning Student of Sma N 1 Lubuk Basung. Jurnal Neo Konseling, 3(1).

Aprilia, D., & Neviyarni, N. (2020). Differences in Bullying Behavior of Student from Functional and Dysfunctional Families. Jurnal Neo Konseling, 2(3).

Butar butar, H. S., & Karneli, Y. (2021). Persepsi Pelaku Terhadap bullying dan Humor. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).

Erismon, E., & Karneli, Y. (2021). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk mengatasi perilaku bullying siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1).

Firman, M. (2018). Upaya Sekolah dalam Penanggulangan Agresivitas Remaja di SMA Propinsi Sumatera Barat. Researchgate.

Goodwin, D. (2014). Strategis to Deal with Bullying (Strategi Mengatasi Bullying) Alih Bahasa: Cicilia Evi Graddiplsc., M.Psi. Welington Australia: Kidsrearch Inc.

Gusti, W. A., & Mudjiran. (2019). The relationship between playing games contains an element of violence with aggressive behaviour of student. Jurnal Neo Konseling, 1(2).

Hanlie, Muliani. (2018). Why Childre Bully. Yogyakarta: Ar Razz Media.

Hanum, M., Prayitno, P., & Nirwana, H. (2015). Efektifitas Layanan Konseling Perorangan Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Belajar. Jurnal Konselor, 4(3).

Hasanah, S., & Sano, A. (2020). Peer Conformity and Student Bullying Behavior and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 2(2).

KPAI. (2020). Update Data Infografis KPAI. https://www.kpai.go.id/kanal/publikasi/infografis.

Lestari, D. (2013). Menurunkan Perilaku Bullying Verbal Melalui Pendekatan Konseling Singkat Berfokus Solusi. Jurnal Pendidikan Penabur, 21 – 36.

Lestari. W. S. (2016). Analisis Faktor – Faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik. Social Science Education Journal. 3(II), 147 – 157.

Pandri, D. P., & Netrawati, N. (2022). Peran perhatian orang tua untuk mengatasi perilaku agresif siswa SMP. Jurnal Education (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1).

Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Bullying Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2).

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Wiyani, N. A. (2012). Save Our Children from School Bullying. Yogyakarta: Ar Razz Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/000647chr2023
10.24036/000647chr2023

Article Metrics

Abstract View : 109 times
PDF : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Defa Lismana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.