Hubungan self efficacy dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sofia Amelia Litra(1*), Firman Firman(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) self efficacy siswa kelas XII SMK, (2) kesiapan kerja siswa kelas XII SMK, (3) menguji hubungan self efficacy dengan kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Lembah Gumanti.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 246 siswa yang terdaftar di kelas XII SMK Negeri 1 Lembah Gumanti Tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel 152 siswa yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kesiapan kerja siswa kelas XII SMK dan angket self efficacy siswa kelas XII SMK dengan model skala likert. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan data menggunakan rumus Pearson Product Moment.  Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) self efficacy siswa kelas XII berada pada kategori rendah dengan persentase 52,63%, (2) kesiapan kerja siswa kelas XII berada pada kategori rendsh dengan persentase 60,53%, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy siswa dengan kesiapan kerja siswa kelas XII dengan besar korelasi 0,95 dan tarag signifikansi 0,05.


References

Elvira, R., & Mudjiran. (2019). Hubungan self-efficacy dengan kedisiplinan belajar siswa smk. Jurnal Neo Konseling, 1(2), 1–7.

Fahmi, R., Firman, Mukhaiyar, & Mudjiran. (2020). Students’ Self-Efficacy and School Stress Symptoms at Private Elementary School Muallimin. 504(ICoIE), 206–210.

Firman.(2018). Efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan self regulated learning siswa.Jurnal Neo Konseling, 1-10.

Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 3(1), 22.

Natalia, N., Firman., & Daharnis. (2015) Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan media audio visual dalam meningkatkan sikap siswa terhadap kedisiplinan sekolah. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Indonesia-Malaysia, Padang, 203-2011.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta, 3.

Sari, A. K., Neviyarni., Ahmad, R., Syukur, Y. (2021). Urgensi kerjasama personil bimbingan konseling di sekolah. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 30-39.

Sugiarto,S., Neviyarni., & Firman. (2021). Peran penting sarana dan prasarana dalam pembelajaran bimbingan dan konseling di sekolah. Jurnal Pendidkan Tematik, 2(1), 60-66.

Sukmawati, I., Neviyarni., Syukur, Y., & Said, A. (2013). Peningkatan hasil belajar melalui dinamika kelompok dalam perkuliahan pengajaran psikolog dan bimbingan konseling (PPBK). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 10-18.

Syahrial, M., Netrawati., Sukma, D., & Ardi, Z. (2019). The efffect of self efficacy and task aversiveness toward student academic procrastination. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 1(1), 39-44.

Tanjung, R. F., Neviyarni., & Firman. (2018).Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Wetnawati & Sukmawati, I. (2019). The effectiveness of content mastery services using the approach self directed learning to increase student self confidence. Jurnal Neo Konseling, 1(3).


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/000728chr2023
10.24036/000728chr2023

Article Metrics

Abstract View : 257 times
PDF : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SOFIA AMELIA LITRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.