Gambaran Perilaku Altruistik Siswa SMK

Nur Atika(1), Frischa Meivilona Yendi(2*), Yeni Karneli(3), Triave Nuzila Zahri(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

perilaku altruistik sangat penting dimiliki oleh setiap siswa, karena terjadi penurunan perilaku menolong pada siswa, seperti siswa yang egosentrisme dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Jika hal ini dibiarkan lebih lanjut, maka perilaku egoisme dan individualisme dianggap normal oleh masyarakat, mengingat pada saat sekarang remaja rentan akan kehilangan sikap dan karakter dalam dirinya. Oleh karena itu perilaku altruistik perlu ditingkatkan agar terciptanya hubungan sosial yang baik, salah satunya melalui layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku altruistik siswa Sekolah Menengah Kejuruan ditinjau dari lima indikator, yaitu indikator empati, interpretasi, tanggung jawab sosial, inisiatif dan rela berkorban.Hasil penelitian secara keseluruhan berada pada kategori tinggi, jika dilihat dari beberapa indikator, indikator empati, tanggung jawab sosial, inisiatif, rela berkorban berada pada kategori tinggi sedangkan indikator interpretasi berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan siswa dalam meningkatkan perilaku altruistik.


References

Akbar, Z. Y., & Listiara, A. (2012). The Difference Between The Prosocial Tendency Regular Classes and Special Classes at SMAN 1 and SMAN 3 Semarang. Jurnal EMPATI, 1, 120–138.

Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Dewi Y.S., fatimah,s & Pahlevi, R. (2021). Penerapan Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prososial Siswa di Masa Pandemi Covid-19. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 269–278.

Fau, S., Firman, & Mudjiran, . (2016). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Serta Implikasinya dalam Penyusunan Bimbingan dan Konseling di Bidang Belajar. Jurnal Konselor, 5(4), 219–228.

Firman & Khairani. (2016). Empati dan Motif Altruistik Guru Pembimbing dalam Membantu Siswa Menanggulangi Masalah Sosial Di SMU Kodya Padang. Jurnal Konselor, 1–23.

Hariko, R. (2016). Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 118–123. http://jurnal.konselingindonesia.com

Hidayat, K., & Bashori, K. (2016). Psikologi Sosial : Aku, Kami, Kita. Jakarta: Erlangga.

Isnaeni, N., Wibowo, M. E., & Mugiharso, H. (2018). Meningkatkan Perilaku Altruisme Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Melalui Kon-seling Kelompok. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Ap-Plication, 7(1), 45–51. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Juliana, J., Ibrahim, I., & Sano, A. (2014). Konsep Diri Remaja pada Masa Pubertas dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.29210/111300

Mawadah, Z., & Mulawarman, M. (2021). Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Perilaku Altruis Siswa. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1450

Mulia, S.W. & Said, A. (2019). Relatoinship Of Emotional Maturity with SocialI Interaction Of Student In SMP N Ranah Batahan Pasaman Barat. Jurnal Neo Konseling, 1(4).

Muyana, S., Firman, & Syahniar, . (2018). Efektifitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Media Auto Visual untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling.

Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial (10 jilid 2). Jakarta: Salemba Humanika.

Neli, U. S., & Sukmawati, I. (2019). Altruistic Behavior of Students in SMA N 1 Kampung Dalam Padang Pariaman Regency and The Implication in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.24036/00186kons2019

Oktavia, Y., & Netrawati, N. (2019). Relationship Of Emotional Intelligence with Learning Outcome Of Student In SMP Negeri 13 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(4).

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung. Padang: FIP UNP.

Ramadani, I. R. (2018). Peranan BK dalam Meningkatkan Motif Altruistik Siswa Di MTS Swasta Citra Abdi Negoro Kabupaten Batu Bara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Risqy, M. H. . (2021). Gambaran Altruisme Remaja SMA di Desa Ngingasrembyong Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. STIKES Bina Sehat PPNI.

Sari, V. N., Mudjiran, M., & Yusri, Y. (2014). Permasalahan yang Dihadapi oleh Anak Panti Asuhan di Kota Padang dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.29210/111900

Setiawan, M.B., & Sugiarti, L. R. (2013). Altruisme ditinjau dari Empati pada Siswa SMK. Dalam Jurnal, 1(1).

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syukur,Y., Neviyarni., & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.

Tiyas, E. N. (2017). Pengaruh Empati Kepedulian Sosial pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Malang.

Yandri, H., Fikri, M. K., & Juliawati, D. (2019). Penerapan Perilaku Altruistik dalam Layanan Konseling Individu Oleh Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 53–64. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.335

Yulianti, F., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Perilaku Altruistik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konsleing, 1(3), 24--35.




DOI: 10.24036/000751chr2023
10.24036/000751chr2023

Article Metrics

Abstract View : 182 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Atika, Frischa Meivilona Yendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.