Hubungan kontrol diri dengan prokrastisnasi akademik pada siswa dan implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling

Halya Rifqa(1*), Dina Sukma(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang melakukan tindakan penundaan tugas, dikenal dengan istilah prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik memiliki dampak yang besar bagi kehidupan seseorang, atau kehidupan siswa itu sendiri karena untuk mencapai kesuksesan atau keberhasilan disekolah siswa sebaiknya tidak memiliki sifat menunda-nunda. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah kontrol diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa di SMP IT Adzkia Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP IT Adzkia Padang yang berjumlah 188 siswa yang dipilih menggunakan Teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket kontrol diri dan prokrastinasi akademik. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi -0,618 artinya semakin rendah kontrol diri pada siswa maka semakin tinggi prokrastinasi akademik pada siswa, dan sebaliknya semakin tinggi kontrol diri siswa maka semakin rendah prokrastinasi akademik siswa.


References

Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20.

Anggraeni, L., F. & Soetjiningsih, C., H. (2023). “Kontrol Diri Akademik dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Di Kota X Yang Kecanduan Game Online”. Jurnal Cakrawala Ilmiah, vol 2 (5)

Antoni, F., Taufik., Yendi, F. M & Yuca, V. (2019). Peningkatan Locus of Control dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 39–47.

Aswida, W., & Syukur, Y. (2012). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. Konselor, 1(2).

Desyafmi, H., Firman, F., & Ifdil, I. (2014). Peningkatan motivasi siswa dalam menyelesaikan tugas melalui layanan informasi. Konselor. 3(1). 34-40

Fachrurrozi, Firman, F., & Ibrahim, I. (2018). Hubungan kontrol diri dengan disiplin siswa dalam belajar. Jurnal Neo konseling. 1(1).1-6

Ferrari, J. R., Johnson, J, L., McCown, W. G. 1995. Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press

Firman, F. (2018). “Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif”. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Fitri, E., Neviyarni, & Ifdil. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1-7.

Hariko, R., Taufik., & Ifdil. (2017). Konsep Diri dan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal education.

Mandasari, D. & Nirwana, H. “Relationship Of Self-Control With Student Academic Procrastination”. Jurnal Neo Konseling, Vol 1 No 1 2019

Muyana, S., Firman, & Syahniar. (2018). Efektifitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Media Auto Visual untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling.

Muthohharoh, M., & Karneli, Y. (2020). Layanan Konseling Perorangan Dengan Teknik Kursi Kosong untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal. Guidance, 17(01), 14–19.

Nova, L. M., Firman, F., & Sukmawati, I. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Konselor, 2(2),1-6.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP Press

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Putri, M.S., Daharnis, D., & Zikra. (2017). Hubungan kontrol diri dengan perilaku membolos siswa. Konselor. 6(1). 1-5

Rahmaniah. 2019. “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMP Negeri 1 Tanete Riaja”. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol.6, 2.

Romarta Fitri Yana, Firman, & Yeni Karneli. 2015. “Efektivitas Layanan Informasi Dengan Metode Problem Solving Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa”. KONSELOR | Jurnal Ilmiah Konseling Volume Nomor Desember 2015.

Salmi, Hariko, R. & Afdal. 2018. “Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying Siswa”. Jurnal Bimbingan dan Konseling 8 (2) 88-99

Saputra, H, R., Alizamar., & Afdal. (2020). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik Menyelesaikan Tugas Pelajar di SMP dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo Konseling.

Sukma, D. (2018). Concept and Application Group Guidance and Group Counseling Base on Prayitno’s Paradigms. Konselor, 7(2), 49-54

Syukur,Y., Neviyarni., & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan Informasi Dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa Stkip Pgri Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 155–164.

Thalib, S. B. (2017). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Prenada Media

Yulfitri, F., Marjohan, M., & Sano, A. (2014). Konformitas internalisasi siswa terhadap peraturan sekolah dan implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(1), 36-41.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/000753chr2023
10.24036/000753chr2023

Article Metrics

Abstract View : 258 times
PDF : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Halya Rifqa, Dina Sukma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.