Peran orangtua dalam membimbing siswa belajar

Indri Awaliyah Putri(1*), Yarmis Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Peran orangtua sangat penting dalam keberhasilan belajar siswa. Orangtua diharapkan bisa menjadi ibu sekaligus guru bagi anaknya, mulai dari menemani belajar di rumah, selalu mengingatkan tentang tugas sekolah, menjadi teman ketika belajar, memberikan motivasi dalam belajar, serta memberikan peluang untuk bermain sambil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran orangtua dalam membimbing siswa belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian berjumlah delapan orangtua siswa yang penetapannya dilakukan dengan  Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu (1) reduksi data (data reduction); (2) paparan data (data display); (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi ( conclusion drawing/verifying). Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa peran orangtua dalam membimbing siswa belajar di rumah: (1) berupa memberikan suasana yang nyaman untuk anak belajar di rumah;5 subjek sudah memberikan suasana yang nyaman dan 3 subjekmasih belum memberikan suasana yang nyaman untuk anak belajar, (2) dalam hal mendampingi anak belajar di rumah, 6 subjek mendampingi anak belajar dan 2 orangtua tidak mendampingi anak belajar, (3) dalam hal menjadi contoh yang baik untuk anak, orangtua menanyakan pembelajaran yang sudah dipelajari anak dan ketika anak tidak mau belajar orangtua selalu membujuk anak;2 subjek menanyakan pembelajaran dan 6 subjek membujuk anak ketika tidak mau belajar, (4) dalam hal membimbing dan menasihati anak, semua orangtua telah membimbing dan menasihati ketika anak sedang belajar, (5) dalam hal berkomunikasi dengan guru 4 subjek menanyakan kegiatan anak di sekolah melalui rapat dan 4 subjek yang langsung menanyakan kepada anak ketika anak pulang sekolah.


References

Fitri, Neviyarni & Ifdil. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 2 (2), 84-92.

Hasibuan, M., Firman & Ahmad, R. (2016). Efektifitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teachingand Elearning dalam Mengurangi Sikap Siswa Terhadap Gaya Hidup Hedonisme. JJPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 2(1), 1-11.

Mandar, S., Syahniar & Syukur, Y. (2017). Kesiapan Siswa yang Ditinggalkan Orangtua dalam Menghadapi Ujian. Jurnal/Konselor, 6(1), 24-28.

Netrawati, Khairani & Yeni, K. (2018) Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-Masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam.

Poerwandari, E. K. 2001. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Prayitno & Amti, Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti, M dan Muhammad Alif. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya Serang.

Slameto. 2003. Belajar danFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar danFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Wilda, A. G., Syukur, Y., & Nurfahanah, N. (2016). Sikap dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa. Konselor, 3(2), 42-46.

Yenti, E. F., & Sano, A. (2020). Studen Preparation For The Final Examination Semester And Itsimplications In Guidance Ang Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 2(3).

Yusuf, A. M. 2014. MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, &PenelitianGabungan. Jakarta:Prenadamedia Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/000754chr2023
10.24036/000754chr2023

Article Metrics

Abstract View : 76 times
PDF : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indri Awaliyah Putri, Yarmis Syukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.