The Effectiveness of Group Guidance Services Using Self-Management Techniques to Reduce the Addiction to the Use of Social Media
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
APJII. (2018). Asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia. Jakarta. Buletin.
Azizan, H. (2016). Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketergantungan media sosial pada siswa di SMK Negeri 1 Bantul, Jurnal Bimbingan Konseling, Vol 2 (2), 1–10.
Cao, F., & Su, L. (2006). “Internet Addiction Among Chinese Adolescents: Prevalence and psychological features”. Journal Compilation, 4 (9): 21-25.
Chaplin(2008). Peran internet dalam dunia pendidikan. (Online), Jurnal Edukasi. Vol 16 (4).
Dwi, E & Watie, S. (2011). Komunikasi dan media sosial (Communications and social media), III, 69–75.
Dyah, R. (2009). Hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan internet pada siswa sekolah menengah pertama. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi.
Grant, A. E. & Meadows, J. H. (2010). Communication Technology Update and Fundamental. (ed. 06). Boston: Focal Press.
Halpin & Tuffield. (2010). A standards-based, open and privacy-aware social web W3C Incubator Group report.
Litle John, Stephen & Foss, Karen.A. (2009). Theories of human communication. (Mohammad Yusuf.Terjemahan).Jakarta: Salemba Humaika.
Mayasari, D. & Istirahayu, L. (2017). ''Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Aspek Kognitif Siswa''. Proceedings: 52–55
Nurmandia, H & Wigati, D. (2013). Hubungan antara kemampuan sosialisasi dengan kecanduan jejaring sosial, Journal of Educational Technology, Vol 3 (2), 107–119.
Putra, A.Y., Ifdil & Afdal. (2019). Deskripsi tingkat kecanduan smartphone berdasarkan minat sosial. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia. Vol 3 (1).
Romlan, T. (2001). Teknik- teknik bimbingan dan konseling kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Selwyn, N. (2012). ''Social Media In HigherEducation''.The Europa World of learning journal.
Susena & Lestari.(2014). Dampak penggunaan internet terhadap kecerdasan pelajar sekolah menengah atas (SMA) di daerah pedesaan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di daerah pedesaan. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta Vol. 1 (2), 2355-5009.
Winkel, W. S & Hastuti, M. M. S. (2013). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Jakarta: Media Abadi.
Yusuf, A. M. (2013). Metodologi penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Padang: UNP Press.
Young. (2009). “Understanding Online Game Addictionand Treatment Issue for Adolescents”. Journal of Family Therapy, 37 (23): 29-35.
Young, K. S., & Rogers, R. C. (1998). Internet Addiction: Personality Traits Associated with Its Development.
DOI: 10.24036/005347ijaccs
Article Metrics
Abstract View : 429 timesPDF : 246 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.