Hubungan antara Harga Diri dengan Perilaku Asertif Siswa SMA Negeri 2 Painan
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Amalianita, B. & Firman. (2019). The Effectiveness Of Group Guidance In Increasing the Students Assertiveness on Prevent Drug Abuse. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(2), 59.
Anfajaya, M. A., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Asertif pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 529–532.
Aprilia, N. (2022). Perbedaan Perilaku Asertif Siswa SMAN 5 Padang dengan SMAN 16 Padang dan Implikasinya dalam Layanan BK. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Aqib, Z. (2012). Ikhtisar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Yrama Widya.
Aryanto, W., Arumsari, C., & Sulistiana, D. (2021). Hubungan antara Harga Diri dengan Perilaku Asertif pada Remaja. Quanta, 4(1), 44–51.
Asni, A., Nirwana, H., & Fajri, N. (2020). Perilaku Asertif Perempuan Minangkabau dan Batak Implikasinya dalam Layanan Bimbingan Konseling. Psychocentrum Review, 2(2), 87–97.
Branden, N. (1992). The Power Of Self-Esteem. Florida: In Health Communications.
Dachmiati, S., & Amalia, R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 148–153.
Daulay, A. A., Daharnis, D., & Afdal, A. (2021). Optimalisasi Perilaku Asertif melalui Media Modul Bimbingan dan Konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 27.
Ginting, B. O., & Masykur, A. M. (2014). Hubungan antara Harga Diri dengan Asertivitas pada Siswa Kelas XI SMA Kesatrian 2 Semarang.Jurnal Empati, 3(4), 94–105.
Hadfield, S., & Hasson, G. (2014). How to be Assertive in Any Situation. Inggris: Pearson Education.
Margaretta, R., Hasanuddin, & Hasmayni, B. (2022). Hubungan antara Harga Diri dengan Perilaku Asertif pada Remaja di SMA Yayasan Pendidikan Citra Harapan Percut Sei Tuan. Jouska: Jurnal Ilmiah, 1(1), 74–80.
Mulyadi. (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.
Nabilah, R., & Rosalina, E. (2021). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Di Sma Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Psikologi Jambi, 4(2), 33–42.
Ngadiman, D. A. S., Yendi, F. M. Nurfarhanah, N., & Putriani, L. (2023). Analisis Self Esteem Anak Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 3 Padang serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Current Issue in Counseling, 3(1), 160–168.
Ngatini, N., & Karneli, Y. (2021). Tingkat Perilaku Asertif Siswa dan Implikasi Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 72–81.
Oktavia, E., Zikra Z., & Nurfarhanah, N. (2016). Konsep Diri Penyandang Tunanetra dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(4), 235.
Pradoto, A., Damiri, D. S., & Harjanto, A. (2021). Upaya Meningkatkan Perilaku Asertif melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 3(1), 1–12.
Pratisca, S., & Hariko, R. (2023). Self Esteem of Junior High School Students. International Journal of Multidisicplinary Research and Growth Evalution, 4(5), 814–818.
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Sari, P., H., Firman, & Syahniar. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Asertivitas Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 3(1), 1-12.
Sasmita, H., Neviyerni, & Karneli, Y. (2021). Meningkatkan Self Esteem Remaja melalui Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Behavioral Therapy. Jurnal Pendidikan Dan Analisis Sosial, 2(1), 34.
Setyowati, P. A. (2014). Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMA Kartika III-1 Banyubiru melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Satya Widya, 30(1), 11–12.
Stein, S. J., & Book, H. E. (2006). The EQ edge : Emotional Intelligence and Your Success. Canada: Jossey Bass.
Syukur, Y., Neviyerni, & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: CV. IRDH.
Tarigan, M. (2016). Perbedaan Asertivitas Siswa SMK Nurul Amaliyah I dengan SMA Nur Azizi di Tanjung Morawa. Jurnal Diversita, 2(2), 4–5.
Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) Edisi Revisi Cetakan 7. Jakarta: Rajawali Pers.
Yessi, Y., & Oktaviana, R. (2017). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Asertif pada Remaja Yatim di Palembang. Jurnal Ilmiah Psyche, 11(2), 120–124.
DOI: 10.24036/0001031chr2024
Article Metrics
Abstract View : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tasya Indah Syafitri, Zikra Zikra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.