Hubungan Kesadaran Diri (Self Awareness) dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas VII-VIII Mtsn 3 Padang Pariaman.

Tris Nadia Putri(1*), Zadrian Ardi(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Siswa tidak memiliki kesadaran diri maka disiplin belajar tidak akan terwujud, dan jika siswa sadar akan pentingnya belajar dalam kehidupannya maka siswa akan disiplin dalam belajar. sering terjadi siswa yang bolos saat jam Pelajaran berlangsung, tidak disiplin dalam berseragam, kurang mengetahui cara belajar yang baik yaitu belajar kalau akan menjelang ujian, malas dalam mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru, kurang bisa belajar sendiri, tidak dapat membagi waktu untuk belajar, masih adanya paksaan untuk belajar dari guru, sering mencontek hasil pekerjaan temannya, dan mengerjakan tugas pekerjaan rumah saat mengikuti mata pelajaran yang lain yang mengakibatkan proses belajar menjadi terganggu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dena korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-VIII MTS N 3 Padang Pariaman tahun ajran 2023-2024 yang berjumlah 298 spopulasi dan 171 sampel yang dipilih dengan menggunakan Teknik purposive random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket kesadaran diri , angket disiplin belajar siswa. Data diolah menggunakan Teknik analisis persentase dan untuk menguji hubungan melalui program statistic SPSS.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keasadran diri berada pada kategori sedang, disilin belajar siswa berada pada kategori sedang, terdapat hubungan yang positif signifikan anta kesadan diri dengan disiplin belajar siswa.

References

Ernawati, R., & Afdal, A. 2018. Peningkatan disiplin siswa dalam menaati tata tertib dengan menggunakan teknik modelling melalui layanan penguasaan konten di SMPN 49 Jakarta pada siswa kelas 8 tahun ajaran 2018-2019. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 1(2), 81-95.

Goleman, D. (2018). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nulhusni, N., & Marjohan, M. (2019). Relationship of Locus of Control with Middle School Student Discipline. Jurnal Neo Konseling, 1(3). https://doi.org/10.24036/00129kons2019

Maharani, W. M., & . S. (2016). KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS BAGI MASYARAKAT KOTA BLITAR (Studi Implementasi Program Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun Berdasarkan Peraturan Walikota Blitar Nomor: 8 Tahun 2015). Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(2). https://doi.org/10.26905/pjiap.v1i2.441.

Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Kesadaran Diri Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP Wiyatama Bandar Lampung. NASIHAT J Bimbingan dan Konseling , 3 (1), 57-62.

Malikah. (2013). Kesadaran Diri Proses Pembentukan Karakter Islam. Jurnal Al Ulum, 13(1), 129–150.

Mumpuni, A., & Dan Laelia Nurpratiwiningsih. (2018). The development of a web-based learning to improveof a creative writing abilityof pgsd students. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 321–332. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.20009

Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Education: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210.

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127–144. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6777.

Salam, N. F. S., Rifai, A. M., & Ali, H. (2021). Faktor Penerapan Disiplin Kerja: Kesadaran Diri, Motivasi, Lingkungan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 487–508.

Siregar, N. C., & Marsigit, M. (2015). Pengaruh pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 224–234. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7336.

Sudarmono, S., Apuanor, A., & Kurniawati, E. H. K. (2017). Pengaruh kesadaran diri terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMPN 9 Sampit. Jurnal Pedagogi Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan, 5(2), 78-84.

Tu’u. T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

d, rather than their many synonyms.




DOI: 10.24036/0001053chr2024
10.24036/0001053chr2024

Article Metrics

Abstract View : 70 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tris Nadia Putri, Zadrian Ardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.