Pengaruh Kecanduan Game Online terhadap Perilaku Prososial Siswa
(1) Padang State University
(2) Padang State University
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Jurnal of Physics A; Mathematical and Theoretical , Vol. 44, Issue 8.
Afdal A, dkk. (2023). Gambaran Psikopatologi Adiksi Game online pada Remaja di Kota Padang, Indonesia. Scientific Journal.
Afifah, Ely, dkk. (2023). Hubungan Antara Perilaku Altruistic dengan Kecerdasan Emosi di Mts Minat Kesugihan. Jurnal Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
Amini, Yustiana, dkk. (2016). Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Universitas Pendidikan Indonesia.
Anderson, C. A., & Bushman, B. J. (2001). Effects of violent games on aggressive behavior, aggressive cognition, aggressive affect, physiological arousal, and prosocial behavior: A meta-analytic review of the scientific literature. Psychological Science.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Timur: Rineka Cipta.
Asih, G.Y. & Pratiwi, M.M.S. 2010. Perilaku Prososial Ditinjau dari Emapati dan Kematangan Emosi. Jurnal. Vol. 1. No. 1
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Survei pengguna internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2023, diakses 02 Desember 2023 https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang.
Baron, A. R.& Byrne D. 2005. Psikologi Sosial (jilid 1 & 2, edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga.
Behrman, Kliegman, & Arvin. (2000). Ilmu Kesehatan Anak Nelson (15 ed., Vol. I). (Prof. Dr. dr. A Samik Wahab, SpA(K), Ed.) Jakarta: EGC.
Bierhoff, H.-W. (2002). Prosocial Behaviour. New York: Psychology Press.
Eisenberg, N. & Strayer, J. (1987). Empaathy and Its Development. Cambrige: Cambridge University Pers.
Fitri, S. F. N., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Kecanduan Bermain Game online pada Minat Belajar Anak Semasa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.
Haagsma, Maria. 2008. Gaming Behavior among Dutch Males: Prevalence and Risk Factors for Addiction. Thesis. University of Twente.
Hariko, R. (2021). Bimbingan Agentik Kelompok (Model Peningkatan Perilaku Prososial Siswa). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Hariko, R. (2021). Pengembangan Perilaku Prososial Siswa Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling. PROSIDING|Semarak 50 Tahun Jurusan BK FIP UNP Seminar Konseling & Talkshow Nasional.
Ifdil, I., Amalianita, B., Fadli, RP, Zola, N., & Putri, YE (2021). Dampak akses media sosial dan kecemasan masyarakat Indonesia selama wabah Covid-19. COUNS- EDU: Jurnal Internasional Konseling dan Pendidikan.
Julianto, A., dkk. (2018). Hubungan Intensitas Bermain Game Stardew Valley dan Terpaan Kelompok Referensi dengan Kecenderungan Berperilaku Prososial. Jurnal Universitas Diponegoro.
Mutmainnah, Andi, dkk. (2023). Gambaran Perilaku Prososial pada Masyarakat di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter
Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Puji G. H, dkk. (2019). Pendekatan Konseling REBT Dalam Menanggulangi Culture Shock Mahasiswa Rantau. Jurnal KOPASTA.
Rachman, Aulia, dkk. (2016). Religiositas dan Perilaku Prososial Pelajar. Jurnal UNISIA.
Syahniar, Gistituati. N, Putra. P.H. (2015). Peningkatan Perilaku Prososial Siswa di Sekolah melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan
DOI: 10.24036/0001129chr2024
Article Metrics
Abstract View : 62 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seja Pratama, Afdal Afdal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.